10 Fakta Menarik Tentang Naga China

Naga adalah salah satu makhluk mitologis terpenting dalam budaya China. Kostum naga yang dekoratif sering dipertunjukkan selama perayaan tertentu, seperti Hari Nasional dan Tahun Baru China. Naga dan kostum naga memiliki makna simbolis yang besar bagi rakya China. Legenda yang mengelilingi naga Chinasangat menarikuntuk diulas. Dan berikut 10 fakta unik mengenai naga China:

Naga China

1. Dalam mitologi China, naga memiliki konotasi yang sangat positif. Mereka makhluk kuat yang dipandang sebagai tanda-tanda keberuntungan. Mereka juga simbol dari tokoh-tokoh yang kuat, seperti pemimpin politik dan prajurit.

2. Naga China sering dikaitkan dengan perairan seperti Laut Cina Timur, dan peristiwa alam seperti tsunami dan angin musim.

3. Dalam filsafat China yin yang, yin mewakili energi perempuan dan kegelapan, sedangkan Yang mewakili energi laki-laki dan cahaya. Naga China adalah yang dan phoenix adalah yin. Phoenix lembut dan anggun, kebalikan dari naga yang kuat.

4. Beberapa kaisar China diidentifikasikan dengan naga, baik oleh rakyat mereka atau diri mereka sendiri. Di antaranya adalah Kaisar Huang Di, yang disebut Kaisar Kuning, dan saudaranya Kaisar Yan Di, kaisar China kuno pertama sekaligus kedua.

5. Dalam bahasa China, ada banyak kata-kata untuk naga, yang sebagian besar berakhir dengan “-long”. Misalnya, “shenlong,” berarti “dewa naga” dan “dilong,” berarti, “naga bumi.”

6. Naga juga menjadi figur signifikan dalam zodiak dan kalender China. Naga adalah salah satu dari 12 hewan zodiak. Mereka yang mengikuti zodiak China menganggap orang-orang yang lahir di “Tahun Naga” memiliki potensi menjadi pemimpin besar dan penuh gairah, yang juga bisa menjadi congkak.

7. Naga China selalu dikaitkan dengan angka sembilan. Naga sering ditampilkan dalam sembilan set atau memiliki sembilan fitur.

8. Balap perahu naga, jenis balap yang menggunakan perahu khusus yang dihiasi dengan ukiran kepala naga, merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan selama tahun baru China.

9. Seniman dan pematung China kuno dan modern sering menggambarkan naga China sebagai campuran dari beberapa makhluk yang berbeda. Patung dan lukisan sering menggambarkan naga sebagai makhluk bersayap yang bertanduk dengan cakar seperti elang atau seperti harimau.

10. Naga disembah sebagai makhluk suci dalam beberapa agama tradisional China.

2 thoughts on “10 Fakta Menarik Tentang Naga China

  • 05/09/2015 at 10:38 am
    Permalink

    wahhh terimakaish yaa untuk postingan artikelnya šŸ˜€

    Reply
  • 06/15/2015 at 1:07 pm
    Permalink

    ohhh pantas saja banyak sekali gambar naha di rumah-rumah oranng china ya gan..
    makasih šŸ˜€

    Reply

Komentar Anda