Apakah Naga Benar-Benar Ada di Dunia Nyata?

Naga

Naga (dragon) adalah makhluk legendaris yang ada dalam cerita rakyat dari berbagai budaya Eropa dan Asia. Banyak legenda menggambarkan naga sebagai makhluk menyerupai kadal raksasa yang bernapaskan api dan memiliki sayap besar serta ekor bersisik yang panjang.

Di Eropa, naga secara tradisional digambarkan sebagai siluman buas yang mewakili kejahatan dan menjadi musuh manusia. Namun di Asia, terutama di China dan Jepang, naga umumnya dianggap sebagai makhluk ramah dan bersahabat yang menjadi simbol keberuntungan dan kekayaan.

Banyak legenda Eropa menceritakan bagaimana seorang pahlawan membunuh naga. Sebagai contoh, Apollo, dewa Yunani kuno dan Romawi, pernah membunuh seekor naga bernama Python. Saint George, santo pelindung Inggris, menyelamatkan seorang putri dari seekor naga dengan cara membunuh binatang itu dengan tombak.

Menurut beberapa legenda abad pertengahan, naga hidup di alam liar yang terpencil di dunia. Naga menjaga harta karun di sarang mereka, dan orang yang bisa membunuhnya akan memperoleh kekayaan. Pahlawan epik Inggris, Beowulf, tewas dalam perkelahian dengan naga penjaga harta karun.

Di China, parade Tahun Baru tradisional dipenuhi sekelompok orang yang berjalan mengenakan kostum naga besar. Gambar naga, menurut kepercayaan China kuno, mencegah roh jahat merusak tahun baru. Dalam kepercayaan tradisional China lainnya, naga tertentu memiliki kekuatan untuk mengontrol curah hujan yang dibutuhkan untuk panen setiap tahun.

Komentar Anda