Mengenal Seluk-Beluk Negara Brasil

Brasil adalah negara terbesar di Amerika Selatan, baik dari segi wilayah maupun jumlah penduduknya. Luas negeri Samba ini hampir setengah luas benua dan memiliki jumlah penduduk hampir sama dengan total jumlah penduduk di seluruh negara Amerika Selatan. Luas wilayah dan jumlah penduduk Brasil merupakan yang terbesar kelima di dunia.

Peta Brazil

Brasil memiliki lanskap bervariasi. Hutan hujan tropis terbesar di dunia membentang di wilayah utara Brasil. Sungai Amazon dan sungai besar lainnya mengalir melalui daerah hijau yang luas ini yang dipenuhi pohon tinggi menjulang dan hutan tropis yang beruap. Pegunungan tinggi yang puncaknya berawan ada di utara hutan dan berbatasan dengan Samudra Atlantik di tenggara. Dataran kering meluas hingga bagian timur laut Brasil. Dataran rendah Brasil tengah dan selatan merupakan lahan pertanian yang subur dan daerah penggembalaan yang rimbun. Pantai putih nan luas membentang di sepanjang pesisir pantai Atlantik.

Hutan, sungai, dan pegunungan Brasil telah lama menghambat perjalanan darat sehingga wilayah pedalaman negara ini kurang berkembang. Kebanyakan warga Brasil tinggal sekitar 320 kilometer dari pantai Atlantik. Hampir semua kota-kota Brasil berada di/atau dekat pantai. Salah satu kota terbesar di pedalaman Brasil adalah Brasília. Brasília juga merupakan ibukota negara. Kota ini dibangun sekitar 970 kilometer dari pantai untuk membantu mengembangkan wilayah pedalaman Brasil.

São Paulo dan Rio de Janeiro adalah dua kota terbesar di negara itu. São Paulo merupakan salah satu kota dengan penduduk terbesar di dunia. Perkotaan modern nan sibuk ini juga menjadi pusat bisnis dan industri utama Brasil. Rio de Janeiro, sering disebut Rio, adalah salah satu kota yang paling padat penduduknya di Amerika Selatan. Rio merupakan daya tarik utama para wisatawan. Kota ini dikenal di seluruh dunia karena pantainya yang menakjubkan, klub malamnya yang menarik, dan festivalnya yang penuh warna.

Orang Brasil berasal dari berbagai latar belakang. Sekitar setengah penduduk negara itu adalah keturunan Eropa; sebagian besar Jerman, Italia, Portugis, dan Spanyol. Sebagian orang Brasil lainnya adalah campuran keturunan Afrika dan Eropa, dan sisanya adalah keturunan Afrika murni. Penduduk asli Brasil, Indian Amerika, jumlahnya kurang dari 1 persen dari total populasi.

Sumber daya alam yang kaya telah membuat Brasil menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia yang terus berkembang. Brasil adalah produsen kopi terbesar di dunia yang memproduksi sekitar sepertiga jumlah produksi kopi dunia setiap tahun. Bersama dengan negara-negara terkemuka lainnya, Brasil juga menjadi produsen besar di dunia untuk berbagai macam komoditas seperti pisang, biji kakao, sapi, jagung, kapas, kuda, lemon, jeruk, nanas, beras, kedelai, tebu, dan tembakau. Pasokan besar kacang-kacangan, kayu, dan produk lainnya berasal dari hutan, dan pembangkit listrik yang dipasang di sungai mampu menghasilkan sejumlah besar tenaga listrik. Brasil juga menghasilkan bijih besi, mangan, dan banyak mineral lain yang dibutuhkan oleh industri dalam jumlah besar.

Pertumbuhan industri yang pesat selama pertengahan 1900-an membantu Brasil menjadi salah satu negara manufaktur top dunia. Brasil memiliki salah satu pabrik baja terbesar di Amerika Latin, dan pembuatan produk logam adalah kegiatan utama industri nasional. Selain itu, Brasil juga bersanding dengan negara-negara terkemuka lain di dunia dalam hal pembuatan mobil.

Meskipun ekonomi Brasil produktif, kekayaan besar beberapa warga Brasil kontras dengan kemiskinan pada warga lainnya. Sejumlah kecil pemilik tanah, kaum eksekutif, dan para pemimpin pemerintahan hidup dalam kemewahan. Kelompok kecil tetapi berkembang pesat, yakni kelas menengah Brasil yang terdiri atas pengusaha, pegawai pemerintah, dan guru, hidup nyaman. Tapi kebanyakan warga Brasil hidup dalam kemiskinan. Banyak yang hidup di daerah pedesaan terus terganggu oleh kekeringan dan banjir. Sebagian lain tinggal di daerah kumuh perkotaan yang padat.

Brazil memiliki banyak kesamaan tradisi dengan Portugal. Negara ini adalah koloni Portugis pada tahun 1500-1822 dan merupakan satu-satunya negara yang memakai bahasa Portugis di Amerika Latin. Koloni Portugis awal juga membawa agama Katolik Roma ke Brasil. Dan saat ini, Brasil memiliki jumlah pemeluk Katolik lebih banyak daripada negara-negara lain di dunia.

0 thoughts on “Mengenal Seluk-Beluk Negara Brasil

  • 04/01/2014 at 11:06 am
    Permalink

    informasi tentang negara brazil nya sangat menarik, menambah wawasan 🙂
    salam

    Reply

Komentar Anda