Asal Usul dan Sejarah Awal Bangsa Mesir Kuno

Pembangunan PyramidManusia datang ke daerah yang sekarang dikenal sebagai Mesir lebih dari 9.000 tahun yang lalu. Mereka adalah orang-orang nomaden, berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makanan. Mereka biasa berburu binatang dan mengumpulkan makanan lain di padang rumput yang subur.

Seiring waktu, iklim daerah itu menjadi panas dan kering. Seluruh wilayah secara bertahap berubah menjadi padang pasir, kecuali Lembah Nil. Orang-orang terpaksa pindah ke jalur subur sepanjang sungai. Di sini, sekitar 9.000 tahun yang lalu, mereka membangun pemukiman pertamanya dan belajar bercocok tanam.

Permukiman awal di Mesir kuno berkembang menjadi desa dan kota. Beberapa komunitas masyarakat terbentuk di daerah yang berbeda. Saat kelompok-kelompok ini menjadi semakin besar, mereka bergabung bersama-sama atau saling menaklukkan satu sama lain.

Sekitar 3100 SM, Mesir kuno terdiri atas dua kerajaan. Di utara, orang-orang di sekitar Delta Nil membentuk kerajaan Mesir Hilir. Sementara di selatan, Mesir Hulu membentang hingga arung jeram (katarak) pertama Sungai Nil. Menurut legenda, raja Mesir Hulu saat itu disebut Menes. Beberapa sejarawan berpikir bahwa Menes mungkin adalah orang yang sama dengan raja yang disebut Narmer. Narmer berhasil menguasai Mesir Hilir dan menyatukan dua daerah itu menjadi satu kerajaan. Dengan penyatuan ini, peradaban Mesir kuno dimulai.

Periode besar pertama dari sejarah Mesir kuno disebut Kerajaan Lama. Periode ini berlangsung dari sekitar 2650 SM sampai sekitar 2150 SM. Selama periode itu, Mesir membentuk pemerintahan pusat yang kuat dan dipimpin oleh seorang raja. Para penguasa awal mendirikan kota Memphis yang terletak di perbatasan antara Mesir Hulu dan Mesir Hilir.

Sebagian besar piramida besar Mesir kuno dibangun selama periode Kerajaan Lama. Struktur besar itu dibangun sebagai makam kerajaan. Mereka juga memiliki kuil sebagai pengkultusan raja dan ratu, yang diyakini sebagai dewa. Piramida pertama yang tercatat dalam sejarah adalah piramida bertangga di Saqqara, dibangun sekitar 2650 SM.

Kerajaan Lama berakhir karena perang saudara dan kekerasan. Ada periode kekeringan yang panjang, yakni saat air Sungai Nil tak bisa naik cukup tinggi untuk membanjiri tanah. Tanaman tidak bisa tumbuh dan banyak orang kelaparan. Keluarga kerajaan mulai kehilangan kontrol, dan banyak nomarch, atau gubernur setempat, yang memberontak melawan mereka. Massapun mulai menyerang makam dan istana. Segera setelah itu, penjajah dari Nubia, selatan Mesir, mulai bergerak memasuki Mesir.

Komentar Anda