Di Manakah Suku Maya Tinggal?

Peta Suku MayaTanah air suku Maya meliputi area seluas sekitar 310.000 kilometer persegi. Wilayah mereka terdiri atas wilayah yang kini menjadi negara bagian Meksiko, yakni Campeche, Yucatán, dan Quintana Roo dan sebagian dari negara bagian Tabasco dan Chiapas. Wilayah kekuasaan suku Maya juga meliputi daerah yang kini menjadi negara Belize, sebagian besar Guatemala, dan sebagian kecil El Salvador dan Honduras.

Ada tiga wilayah yang diduduki oleh suku Maya, yakni dataran tinggi Guatemala, dataran rendah, dan Yucatán. Jantung peradaban suku Maya pada periode pra-klasik berpusat pada wilayah dataran rendah yang sekarang menjadi Guatemala utara. Pada tahun 800-an, menjelang akhir Periode klasik, suku Maya mulai meninggalkan pusat utama peradaban mereka di dataran rendah ini.

Para sarjana masih berusaha menemukan alasan runtuhnya masyarakat Maya pada periode klasik ini. Setelah keruntuhan ini, beberapa anggota suku Maya bergerak ke utara untuk menghuni kota-kota di dataran rendah Yucatán. Sebagian lainnya pindah ke dataran tinggi di wilayah Guatemala selatan.

Dataran Rendah

Dataran rendah Mesoamerika terletak di sebagian kecil wilayah yang sekarang disebut Meksiko, Belize, dan Guatemala utara. Wilayah ini terletak kurang dari 760 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar wilayah dataran rendah ini telah ditutupi oleh hutan hujan yang rimbun. Tambang batu gamping di daerah ini menjadi sumber alam yang penting untuk bahan bangunan.

Dataran Tinggi Guatemala

Dataran tinggi Guatemala membentang dari wilayah Chiapas di Meksiko melalui daerah yang sekarang menjadi bagian negara Guatemala dan El Salvador. Dataran tinggi pegunungan ini berada 3.000 meter di atas permukaan laut di bagian tengah wilayah suku Maya. Iklimnya sedang sepanjang tahun.

Yucatán

Yucatán terletak di wilayah negara bagian Meksiko masa kini, yakni Campeche, Yucatán, dan Quintana Roo. Iklim sebagian besar wilayah Yucatán mirip dengan daerah dataran rendah. Namun, Yucatán utara jauh lebih kering dari daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Komentar Anda