Bagaimana Cara Menggemukkan Kucing Peliharaan yang Kurus?

Punya kucing peliharaan yang kurus dan sulit gemuk? Sebelum menggemukkan kucing kesayangan, Anda harus memastikan dulu bahwa si kucing tidak sedang mengidap penyakit tertentu hingga nafsu makannya hilang. Bila kucing sehat atau tak punya masalah medis berarti, maka nafsu makannya seharusnya normal. Untuk menggemukkan kucing, pada dasarnya Anda harus meningkatkan nafsu makannya (jika nafsu makannya rendah) dan meningkatkan jumlah kalori (jika nafsu makannya normal).

Kucing Sedang Makan

Berikut adalah cara-cara paling efektif untuk menggemukkan kucing peliharaan.

1. Gantilah makanan kucing biasa Anda dengan makanan anak kucing karena kandungan kalorinya lebih tinggi.

2. Berikan porsi yang lebih kecil untuk kucing tetapi lebih sering.

3. Tambahkan keju parut atau yoghurt biasa ke bagian atas makanan kucing Anda.

4. Makanan kaleng lebih mengundang nafsu makan daripada makanan kering. Disarankan bagi Anda untuk memberikan makanan kalengan 3-4 kali sehari bila Anda ingin berat badannya naik serta berikan makanan kering untuk camilan kucing di antara waktu makan.

5. Jika Anda tak ingin menggunakan makanan kaleng, cobalah membuat menu makanan kucing sendiri di rumah setidaknya untuk jangka pendek. Bisa mentah atau masak. Makanan rumahan kucing bisa meliputi daging urat serta hati dan ginjal sapi cincang.

Baca Juga:  Apakah Mentimun Bermanfaat untuk Anjing yang Kegemukan?
Loading...

6. Makanan yang sangat menarik untuk kucing adalah dada ayam yang dimasak dengan cara dipotong-potong, daging sapi atau ayam cincang, tuna, serta liver. Tuna dan hati boleh diberikan kepada kucing yang kehilangan nafsu makannya, tetapi tidak boleh berlebihan (misalnya kurang dari sehari-dua hari) karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

7. Memanaskan makanan kucing sampai setara suhu tubuh bisa cukup efektif untuk meningkatkan nafsu makannya karena makanan yang lebih hangat cenderung menghasilkan bau yang lebih kuat.

8. Beri makan merek pakan berkualitas tinggi. Merek yang murah memiliki lebih banyak isian yang tidak mengandung banyak nutrisi untuk kucing. Berkonsultasilah pada dokter hewan Anda untuk menentukan merek makanan spesifik yang bisa membantu menambah berat badan kucing.

9. Jika kucing Anda memiliki nafsu makan yang sangat rendah, cobalah memberinya asupan makanan cair menggunakan suntikan (syringe).

Memberi Makan Kucing dengan Suntikan

10. Berikan kucing Anda susu. Kebanyakan kucing tidak toleran terhadap susu sapi, tetapi kebanyakan supermarket juga menjual susu yang dirancang khusus untuk minuman kucing.

Baca Juga:  Fakta-fakta Unik Tentang Kecoa

11. Tanyakan pada dokter hewan Anda suplemen nutrisi terbaik yang dapat menambah kalori dan membantu membangkitkan selera makan kucing Anda.

12. Jika Anda memiliki beberapa ekor kucing, berilah makan kucing yang kurus di ruangan terpisah untuk memastikan dia mendapat cukup makanan. Terkadang kucing yang lebih dominan dapat memonopoli mangkuk makanan.

Nah itulah beberapa cara ampuh menggemukkan kucing. Semoga bermanfaat ya!

Loading...

Komentar Anda