Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 31 Maret

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 31 Maret:

Kilas Balik Februari

2004: Empat kontraktor swasta AS dibunuh dan tubuh mereka dimutilasi oleh sekelompok orang di kota Fallujah, daerah yang lama bermasalah bagi pasukan AS ketika menduduki Irak; peristiwa ini dan respon militer AS menyebabkan peningkatan dramatis kekerasan di negara itu, dan pada akhir April lebih dari 100 tentara AS telah tewas, bulan paling mematikan sejak Perang Irak dimulai, Maret 2003.

1968: Presiden AS Lyndon B. Johnson membuat dua pengumuman mengejutkan: bahwa ia akan menghentikan pemboman AS atas Vietnam Utara dan menegosiasikan akhir Perang Vietnam, dan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai presiden.

1905: Berharap untuk mengisolasi Perancis dan memblokir desainnya terhadap Maroko, kaisar Jerman William II mengunjungi Tangier, di mana ia menyatakan dukungannya terhadap kemerdekaan Maroko; di era imperialis ini tindakan tersebut menciptakan ketakutan perang di Eropa yang dikenal sebagai krisis Maroko pertama.

1889: Menara Eiffel, yang dibangun untuk Pameran Paris tahun itu, dibuka secara resmi di Paris.

1854: Komodor AS Matthew Perry dan perwakilan dari pemerintah Jepang menandatangani Perjanjian Kanagawa, yang “membuka” Jepang pada Barat dalam contoh klasik diplomasi kapal perang abad ke-19.

1727: Sir Isaac Newton meninggal dunia, setelah sendirian menyelesaikan revolusi ilmiah dan memberi banyak sumbangsih pada ilmu pengetahuan modern.

Komentar Anda