Profil Lengkap Negara Spanyol

Spanyol adalah negara Eropa terbesar keempat dari segi ukuran, setelah Rusia, Ukraina, dan Perancis. Terletak di barat daya Eropa, Spanyol menempati sebagian besar Semenanjung Iberia, yang juga ditempati tetangga barat yang lebih kecil, Portugal. Spanyol berbatasan dengan Samudra Atlantik di barat laut dan Teluk Biscay (lengan Atlantik) di sebelah utara. Di timur laut, pegunungan Pyrenees memisahkannya dari Perancis dan seluruh benua Eropa. Di tenggara dan timur, Spanyol berbatasan dengan Laut Mediterania, dan Selat Gibraltar yang sempit memisahkannya dari Afrika Utara.

Foto Madrid di Spanyol

Posisi geografis Spanyol sangat mempengaruhi sejarahnya. Dengan garis pantai Mediteranianya yang panjang, Spanyol menjadi persimpangan peradaban awal di wilayah tersebut. Letaknya yang dekat dengan Afrika mengundang invasi dan penaklukan Moor, yang menambahkan elemen baru dalam perkembangannya.

Dimulai pada akhir 1400-an, Spanyol mengambil peran utama dalam eksplorasi dan kolonialisasi Amerika. Di sana, Spanyol membangun kerajaan yang luas. Meskipun kerajaannya hilang, bahasa dan warisan budaya Spanyol tetap sangat hidup di sebagian besar Amerika Latin. Dan kebesaran kekaisaran masih tercermin dalam seni, arsitektur, sastra, dan musik Spanyol.

Penduduk

Orang Spanyol adalah keturunan dari orang-orang bervariasi dan pewaris banyak budaya. Pada zaman prasejarah, orang Iberia asli menyerap budaya bangsa Celtic. Bangsa Celtic kemudian menyebar di sebagian besar Eropa. Kebiasaan Celtic masih ditemukan di provinsi Basque, Pyrenees. Tradisi itu meliputi tarian melingkar, permainan dinding dan bola, dan penggunaan alat musik bagpipe. Namun, bahasa Basque bukan Celtic. Mereka adalah orang-orang kuno di wilayah ini, hanya terkait dengan orang Basque Perancis di Pyrenees, tetapi asal-usul mereka masih misterius.

Fenisia, orang dari Mediterania timur, dan penerus mereka, Carthaginian, tiba kemudian. Mereka diikuti oleh orang-orang Yunani dan Romawi, yang menambahkan budaya klasik mereka pada Spanyol. Bangsa Romawi menyebut wilayah ini Hispania (membentuk nama Spanyol yang sekarang). Mereka memerintah selama hampir 600 tahun. Kontribusi budaya mereka meliputi bahasa Latin, yang menurunkan bahasa Spanyol.

Jatuhnya Kekaisaran Romawi di Barat di tahun 400-an Masehi meningkatkan pergerakan suku-suku Jermanik, yang didominasi oleh Visigoth, ke utara dan tengah Spanyol. Keturunan mereka dapat dilihat hari ini pada beberapa orang Spanyol yang berambut pirang dan bermata biru yang banyak terdapat di beberapa daerah negara itu.

Sebuah pergolakan budaya yang lebih besar datang di tahun 700-an. Muslim dari Afrika Utara, meliputi Arab dan Berber, umumnya dikenal sebagai Moor, menaklukkan sebagian besar semenanjung. Andalusia di selatan menjadi jantung dari Muslim Spanyol.

Dua kelompok etnis lain juga membentuk ‘wajah’ Spanyol. Yahudi dari Afrika Utara menambah komunitas Yahudi kecil yang tinggal di Iberia sejak zaman Romawi awal. Mereka akhirnya menciptakan kelompok yang berbeda, Sephardim. Bahasa Sephardim, Ladino, merupakan campuran dari bahasa Ibrani dan Spanyol awal. Orang Rom (sebelumnya disebut Gipsi) tiba di Spanyol dari Asia Kecil. Meskipun jumlahnya tidak pernah besar, musik dan tari flamenco mereka yang mencolok telah membuat mereka terlihat akrab, terutama bagi wisatawan. Banyak orang Rom masih tinggal di pegunungan Andalusia.

Pada awal Abad Pertengahan, ujung utara, yang telah melawan penaklukan Muslim, menarik pemukim Eropa. Mereka pada awalnya tertarik pada tempat-tempat suci Kristen. Pada waktu yang sama, Catalonia utara secara budaya menjadi bagian dari Provence sebagai akibat dari migrasi dari daerah dari Perancis ini.

Bahasa

Bahasa Spanyol Castilian adalah bahasa resmi negara. Tapi bahasa Catalan, Galician, Basque, dan bahasa lainnya yang juga memiliki status resmi dalam wilayah mereka. Semua kecuali Basque adalah bahasa Romantis. Artinya, mereka semua berasal dari bahasa Latin.

Bahasa Catalan adalah bahasa Catalonia di timur laut Spanyol. Bahasa Galician dituturkan di Galicia di barat laut. Bahasa ini jauh terkait dengan bahasa Portugis. Bahasa Basque, atau Euskera, sebagaimana orang Basque menyebutnya, dituturkan di provinsi Basque di Spanyol utara. Bahasa ini tidak berhubungan dengan bahasa lain di dunia. Bahasa Spanyol menduduki peirngkat ketiga di dunia sebagai bahasa yang paling banyak digunakan, setelah bahasa Mandarin dari China dan Hindi dari India.

Agama

Kebanyakan orang Spanyol beragama Katolik Roma. Ada komunitas kecil Protestan, Yahudi, dan Islam. Orang-orang Yahudi diusir dari negara itu di abad yang lalu. Tapi baik Yahudi dan Islam memiliki kebangkitan rohani yang signifikan di Spanyol dalam beberapa tahun terakhir.

Pendidikan

Pendidikan dasar gratis dan diwajibkan oleh undang-undang bagi semua anak Spanyol berusia antara 6 dan 16 tahun. Sekolah wajib terdiri atas enam tahun sekolah dasar diikuti oleh dua kali dua tahun program sekolah menengah. Siswa kemudian dapat mengikuti pelatihan kejuruan satu atau dua tahun. Atau mereka bisa mengambil kursus Bachillerato selama dua tahun untuk masuk ke universitas. Spanyol memiliki banyak universitas; yang tertua, di Salamanca, didirikan pada tahun 1218.

Olahraga

Sepakbola adalah olahraga favorit nasional yang menarik kerumunan besar. Pertandingan di televisi adalah salah program paling populer. Basket semakin populer. Golf, tenis, dan ski juga menarik banyak orang Spanyol. Adu banteng, yang dianggap sebagai tradisi Spanyol, masih populer. Tapi sekarang tidak banyak menarik penonton seperti dulu. Kepulauan Canary melarang adu banteng pada tahun 1991, dan Catalonia melarangnya pada tahun 2011. Jai alai, permainan cepat menyerupai handball, berasal dari wilayah Basque.

Festival, Musik, dan Tari

Banyak festival Spanyol yang berhubungan dengan hari besar keagamaan. Salah satu yang terbesar adalah perayaan Pekan Suci prapaskah di Seville. Lainnya adalah perayaan San Isidro berikut Prapaskah di Madrid, ibukota. Setiap kota dan desa Spanyol juga memiliki fiesta yang didedikasikan untuk santo pelindungnya.

Musik dan tari selalu menjadi bagian dari kehidupan Spanyol. Banyak tarian Spanyol, seperti bolero, Fandango, dan Romani flamenco, sangat terkenal. Juga populer adalah zarzuela, jenis komedi musikal. Dalam musik klasik, Spanyol telah menghasilkan sejumlah komposer dan pemain yang sangat baik.

Makanan dan Minuman

Setiap bagian dari Spanyol memiliki masakan, atau cara menyiapkan makanan khususnya sendiri. Makanan khas daerah meliputi cocido, atau daging sapi rebus Madrid dan casserole Catalonia. Di Valencia dan Murcia makanan khususnya adalah paella. Paella adalah kombinasi dari nasi, kerang, dan ayam. Gazpacho adalah bentuk sup sayuran yang disajikan dingin. Ini adalah favorit di selatan. Provinsi-provinsi Basque dikenal karena hidangan ikan mereka. Anggur menyertai sebagian besar acara makanan.

Bentang Alam

Spanyol adalah tanah terjal berbatu dari pegunungan dan dataran tinggi yang dihiasi lembah-lembah sungai. Daerah pesisir, khususnya pantai Mediterania, cukup sempit tapi subur. Daerah ini memiliki beberapa konsentrasi penduduk terpadat. Dataran tinggi wilayah semenanjung tengah adalah Meseta. Daerah ini mencakup baik Castile Tua maupun Castile Baru serta membentuk inti dari Spanyol.

Daerah pegunungan terletak di tepi Meseta. Pegunungan Cantabrian di utara dan Sierra Morena di selatan mendefinisikan wilayah tersebut. Sierra de Guadarrama dekat Madrid, Sierra de Gredos, dan Montes de Toledo membentang diagonal melalui itu. Mereka membagi wilayah ini menjadi Meseta utara yang lebih tinggi dan Meseta selatan yang lebih rendah. Titik tertinggi di daratan ini adalah Mulhacén. Tingginya 3.477 meter di Sierra Nevada di tenggara.

Sungai dan Perairan Pesisir

Wilayah terbesar dari dataran rendah adalah lembah Sungai Guadalquivir di Andalusia. Sungai besar lainnya adalah Tagus, Douro, Mino, dan Guadiana, yang mengalir ke Samudera Atlantik. Sungai Ebro adalah sungai terbesar di seluruh Spanyol. Sungai ini bermuara di Laut Mediterania. Hanya bagian-bagian pendek dari sungai Guadalquivir dan Tagus yang bisa dilayari, atau digunakan oleh kapal. Sungai-sungai itu, terutama Ebro, merupakan sumber penting dari irigasi di tempat yang curah hujannya umumnya jarang.

Kepulauan

Kepulauan Balearic di Mediterania dan Kepulauan Canary di Atlantik juga merupakan bagian dari wilayah Spanyol. Kelompok Balearic terdiri atas empat pulau utama. Majorca adalah yang terbesar dan terpadat dari semua. Kepulauan Canary terletak di lepas pantai barat daya dan terdiri atas tujuh pulau utama. Tenerife, pulau terbesar Canary, adalah situs dari puncak tertinggi Spanyol, yaitu Pico de Teide (3.718 meter).

Iklim

Iklim Spanyol bervariasi menurut wilayah. Bagian utara dan barat memiliki iklim maritim dengan suhu moderat dan curah hujan yang cukup melimpah. Tapi curah hujan menurun tajam di selatan di mana iklim Mediterania berlaku, ditandai dengan musim dingin yang ringan dan musim panas yang kering.

Sumber Daya Alam

Kurang dari sepertiga tanah Spanyol dibudidayakan. Sumber daya alam negara itu meliputi simpanan batubara, bijih besi, kalium, merkuri, uranium, tungsten, gipsum, dan tembaga. Wilayah hutan besar yang tersisa hanya ada di utara.

Ekonomi

Di sebagian besar sejarahnya, Spanyol terutama adalah negara agraris. Namun, jasa dan manufaktur kini melampaui pertanian dalam hal kepentingan ekonomi.

Jasa

Pariwisata telah menjadi salah satu sumber utama pemasukan negara. Lebih dari 30 juta wisatawan mengunjungi Spanyol setiap tahun. Mereka tertarik pada banyak resor pantai, kota-kota bersejarah, dan situs-situs budaya. Industri jasa, di mana pariwisata merupakan bagian terbesarnya, menyumbang sekitar setengah dari produk domestik bruto Spanyol.

Manufaktur

Manufaktur dan industri terkait berkontribusi sekitar sepertiga dari PDB. Kebanyakan industri berat terletak di utara, terutama di provinsi-provinsi Basque, Aragon, dan Catalonia. Namun, daerah di sekitar Madrid dan Valencia juga terindustrialisasi. Produk utama yang diproduksi meliputi tekstil dan pakaian jadi, makanan dan minuman, logam, bahan kimia, dan pembuatan kapal.

Pertanian

Gandum, beras, dan biji-bijian lainnya adalah tanaman utama. Jeruk adalah ekspor penting. Spanyol adalah salah satu produsen zaitun dan minyak zaitun terkemuka di dunia. Negara ini juga merupakan produsen utama anggur dan gabus. Anggur Spanyol yang paling terkenal, sherry, mengambil namanya dari kota Jerez di barat daya Spanyol, tempat pembuatannya.

Energi

Spanyol memperoleh sekitar setengah energi dari bahan bakar fosil, seperti minyak, batubara, dan gas alam. Sumber utama lainnya adalah pembangkit listrik tenaga air dan nuklir.

Pertambangan

Perusahaan swasta menghasilkan sebagian besar batubara yang ditambang di Spanyol. Tapi satu perusahaan terbesar adalah Hunosa, yang dimiliki oleh pemerintah. Industri batubara Spanyol sedang berjuang untuk tetap kompetitif dengan batubara impor dan sumber energi lainnya.

Perdagangan

Spanyol mengekspor mesin, kendaraan bermotor, makanan, obat-obatan, dan barang-barang konsumen. Impor meliputi mesin dan peralatan, bahan bakar, bahan kimia, dan alat pengukur dan medis-kontrol. Mitra dagang utamanya adalah Perancis, Jerman, Portugal, Italia, dan Inggris.

Transportasi

Spanyol memiliki sistem transportasi yang berkembang seperti fasilitas bandara, rel kereta api, jalan raya, dan pelabuhan.

Komunikasi

Spanyol memiliki fasilitas telepon modern dan ponsel sangat populer. Ada juga sekitar 30 juta pengguna internet.

Kota-kota Besar

Sebagian besar orang Spanyol tinggal di daerah perkotaan. Kota-kota terbesar akan dijelaskan secara singkat di sini.

Madrid adalah ibu kota dan kota terbesar. Kota ini terletak di dataran tinggi Meseta, di jantung Spanyol. Awalnya Madrid adalah Alcazar (benteng) yang didirikan oleh umat Islam, namun situs ini jatuh ke pasukan Kristen pada tahun 1083. Madrid mengalami tiga tahun pengepungan oleh kelompok Nasionalis di bawah Jenderal Francisco Franco selama Perang Saudara Spanyol (1936- 39).

Barcelona adalah ibukota historis Catalonia. Ini adalah kota terbesar kedua dan pelabuhan utama Spanyol. Dihuni oleh orang Fenisia, kota ini menurut tradisi lokal dinamai sesuai nama keluarga Kartago dari Barca. Kota ini tumbuh penting pada zaman Romawi dan menjadi kekuatan politik dan ekonomi selama Abad Pertengahan. Nasib kota ini kemudian jatuh sebagai akibat persaingan dengan Madrid dan Castile.

Industrialisasi mengubah Barcelona selama tahun 1800-an. Selama Perang Saudara Spanyol, kota ini adalah pusat perlawanan terhadap kaum Nasionalis. Rezim Franco pascaperang melarang semua aspek budaya Catalan. Pemilihan Barcelona sebagai situs dari Olimpiade Musim Panas 1992 membantu menghidupkannya kembali.

Valencia adalah kota pelabuhan Mediterania dan terletak di daerah pertanian subur yang terkenal karena jeruknya. Didirikan oleh orang Romawi, Valencia adalah salah satu kota Muslim Spanyol utama. Seville (Sevilla) adalah kota terbesar di Spanyol Selatan. Kota ini terletak di Sungai Guadalquivir. Sebagai bekas kota penting di bawah kekuasaan bangsa Romawi dan Visigoth, Sevilla kemudian berubah menjadi salah satu pusat kebudayaan Islam.

Pemerintah

Spanyol adalah sebuah monarki konstitusional dengan bentuk pemerintahan parlementer. Di bawah konstitusi 1978, raja adalah kepala negara. Parlemen, atau Majelis Nasional, dikenal sebagai Cortes, terdiri atas Kongres Deputi dan Senat. Keduanya dipilih untuk masa jabatan 4 tahun. Raja menunjuk presiden pemerintah, atau perdana menteri, yang mengepalai Dewan Menteri. Perdana menteri dipilih dari partai politik yang memenangkan kursi terbanyak dalam Cortes.

Spanyol dibagi menjadi 50 provinsi. Provinsi ini dikelompokkan ke dalam 17 daerah otonom, berdasarkan wilayah historis di negara itu. Setiap komunitas otonom memiliki dewan perwakilan daerahnya sendiri dan otonomi budaya. Yang terakhir meliputi hak untuk menggunakan bahasanya sendiri. Wilayah luar negeri Spanyol sekarang terdiri atas dua kantong-kantong kecil di Afrika Utara, yakni Ceuta dan Melilla. Keduanya terletak dalam Maroko. Spanyol mengklasifikasikannya sebagai kota otonom. Spanyol juga menguasai sejumlah pulau kecil, beberapa darinya hanya berupa batu besar, di lepas pantai Maroko.

0 thoughts on “Profil Lengkap Negara Spanyol

  • 10/03/2014 at 8:12 am
    Permalink

    Makasih Infonya! Akhirnya tugasku selesai, Makasih Banyak!

    Reply

Komentar Anda