Profil Lengkap Negara Belanda

Belanda adalah sebuah negara kecil dengan dua belas provinsi yang terletak di barat laut Eropa, di pantai Laut Utara. Nama populernya, Holland, sebenarnya adalah nama sebuah provinsi historis yang telah lama menjadi pusat politik dan ekonomi negara. Holland sekarang dibagi menjadi Holland Utara dan Selatan.

Foto Negara Belanda

Belanda (juga disebut Netherlands) adalah salah satu negara paling padat penduduknya di Eropa dan di dunia. Orang Belanda menyebut dirinya sendiri sebagai Netherlander atau Hollander. Dalam bahasa Inggris, mereka dikenal sebagai Dutch.

“Netherlands” berarti “negara rendah.” Nama ini cocok, karena hampir seperempat dari wilayah negara ini pada kenyataannya terletak di bawah permukaan laut. Dan hampir setengah dari penduduk Belanda sekarang hidup di darat yang telah direklamasi dari laut. “Tuhan menciptakan dunia, tapi orang Belanda membuat Belanda” adalah sebuah pepatah lama yang mengandung kebenaran.

Penduduk

Orang Belanda sebagian besar adalah keturunan bangsa Jerman yang menetap di wilayah tersebut di zaman kuno. Tapi Belanda juga telah menjadi tempat perlindungan bagi imigran dari berbagai negeri. Di antara mereka adalah orang-orang Yahudi yang diusir dari Spanyol dan Portugal di tahun 1500-an dan dianiaya di Jerman pada tahun 1900-an. Imigran terbaru datang dari bekas koloni Belanda yang sekarang menjadi negara Indonesia dan Suriname merdeka.

Bahasa

Bahasa Belanda adalah bahasa utama Belanda. Ini adalah bentuk dari bahasa Jerman Rendah yang diucapkan di wilayah utara. Bahasa ini pertama kali diucapkan oleh kaum Frank. Kaum Frank adalah orang-orang Jerman yang bermigrasi dari timur dan menetap di sana di tahun 300-an. Bahasa Belanda terkait dengan bahasa Jerman dan Inggris modern.

Di provinsi utara Friesland, bahasa Frisian diterima sebagai bahasa resmi bersama dengan bahasa Belanda standar. Bahasa Frisian adalah bahasa Jermanik yang paling dekat dengan bahasa Inggris. Orang Belanda juga diajarkan untuk berbicara bahasa Inggris.

Agama

Orang Belanda terbagi rata antara pemeluk Katolik Roma dan Protestan. Orang Katolik cenderung hidup di selatan, sedang orang Protestan hidup terutama di utara dan barat. Sekte Protestan tunggal terbesar di negara ini adalah Gereja Reformasi Belanda. Belanda juga merupakan rumah bagi sejumlah kecil orang-orang Yahudi dan Muslim. Belanda memiliki tradisi panjang dalam hal toleransi beragama. Kebebasan beribadah dijamin dalam konstitusi.

Pendidikan

Sekolah-sekolah Belanda didukung pemerintah. Anak-anak diwajibkan untuk bersekolah dari usia 4 sampai 16 tahun. Setelah sekolah dasar, mereka dapat meneruskan ke salah satu dari beberapa jenis sekolah menengah, tergantung kemampuan. Sekolah-sekolah ini melengkapi siswa dengan pendidikan umum atau kejuruan (perdagangan) atau mempersiapkan mereka untuk memasuki universitas. Leiden University, yang tertua di negara ini, didirikan pada tahun 1575.

Makanan dan Minuman

Orang Belanda kebanyakan ramah dan sangat mencintai negaranya. Makanan Belanda sederhana dan lezat. Keju seperti Gouda dan Edam (nama untuk kota-kota di mana mereka diproduksi) dinikmati di seluruh dunia. Hidangan musim dingin yang khas adalah erwtensoep, yakni sup kacang kental.

Makanan Indonesia sangat populer. Salah satunya adalah rijsttafel (“rice table”), atau nasi dengan berbagai daging, ikan, dan masakan sayuran yang berbumbu. Masakan lainnya adalah nasi goreng, atau nasi goreng dengan udang, daging babi, atau ayam dan sebagainya. Ikan, terutama herring asin, merupakan bagian penting dari makanan Belanda. Belanda juga dikenal karena berbagai jenis bir lager dan ale.

Bentang Alam

Belanda berbatasan dengan Jerman di sebelah timur, Belgia di sebelah selatan, dan Laut Utara di sebelah barat dan utara.

Belanda dapat dibagi menjadi tiga wilayah, yakni daerah bukit pasir sempit yang membentang di sepanjang pantai Laut Utara; dataran rendah barat; dan dataran tinggi timur yang sedikit lebih tinggi. Dataran rendah barat, di mana sebagian besar orang hidup di kota-kota yang sangat dekat satu sama lain, terletak di bawah permukaan laut. Wilayah ini dilindungi dari laut oleh bukit-bukit pasir serta tanggul-tanggul dan bendungan. Dataran tinggi timur memiliki lanskap yang bergulir perlahan. Titik tertinggi ada di provinsi Limburg di tenggara.

Danau, Sungai, dan Kanal

Banyak danau mewarnai lanskap di utara. Sungai berkelok-kelok membelah daratan ke Laut Utara. Kanal-kanal menghubungkan berbagai bagian negara. Daerah delta barat dibentuk oleh tiga sungai terbesar, yakni Rijn (Rhine), dengan cabang-cabangnya yang banyak; Maas (Meuse); dan Schelde. Banyaknya sungai dan kanal membuat Belanda menjadi negara dengan salah satu jaringan saluran air terpadat di dunia.

Mereklamasi Tanah dari Laut

Wilayah barat Belanda dulunya rawa besar yang dipisahkan dari Laut Utara hanya oleh bukit pasir sempit. Belanda telah meningkatkan luas wilayah mereka melalui pengeringan daerah ini. Tanggul dibangun di sekitar daerah banjir, dan air dipompa dengan kincir angin. Daerah yang dikeringkan ini -disebut polder- kini mencapai sekitar sepertiga dari total luas lahan Belanda.

Bandara Schiphol di Amsterdam, salah satu bandara tersibuk di dunia, dibangun di atas polder yang dulunya merupakan Danau Haarlem. Saat ini sebagian besar pompa drainase digerakkan oleh tenaga listrik atau mesin diesel. Masih ada sekitar 1.000 kincir angin di negara ini. Mereka dengan hati-hati dipertahankan sebagai harta nasional, tapi sebagian besar tidak lagi digunakan untuk memompa air.

Sebuah proyek reklamasi besar-besaran melibatkan Zuider Zee (Laut Selatan). Sebelumnya merupakan inlet dari Laut Utara, Zuider Zee dilindungi dari laut oleh bendungan dan berubah menjadi danau air tawar, sekarang disebut IJsselmeer (Danau Ijssel). Lima polder besar diciptakan di daerah ini. Setelah bertahun-tahun hujan menghilangkan garam laut, daerah ini sekarang menjadi situs peternakan makmur.

Delta Plan, proyek kontrol air terbesar dalam sejarah dunia, selesai pada tahun 1986. Proyek ini terdiri atas serangkaian bendungan yang ditempatkan di antara pulau-pulau yang membentuk provinsi Zeeland di barat daya. Daerah ini merupakan tempat bencana pada tahun 1953, ketika gelombang raksasa yang didorong oleh angin kencang menghancurkan tanggul. Banjir terjadi dan menewaskan sekitar 1.800 orang dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Selain mereklamasi lebih banyak lahan, diharapkan bahwa proyek Delta akan mencegah bencana seperti itu terjadi lagi.

Iklim

Iklim di Belanda moderat. Suhu musim panas rata-rata sekitar 17 °C dan suhu musim dingin sekitar 1 °C. Periode hujan sering terjadi. Sekitar 760 milimeter curah hujan turun sepanjang tahun.

Sumber Daya Alam

Belanda memiliki sumber daya alam yang terbatas, tetapi memiliki salah satu cadangan gas alam terbesar di dunia. Minyak ditambang di Laut Utara. Garam juga ditambang.

Ekonomi

Pertanian, perikanan, perkapalan, dan perdagangan secara tradisional merupakan kegiatan ekonomi utama Belanda. Manufaktur sekarang memainkan peran yang dominan dalam perekonomian. Industri perbankan dan jasa lainnya juga vital. Belanda adalah anggota asli European Economic Community, yang dibentuk pada tahun 1957 dan sekarang disebut European Union (UE, Uni Eropa).

Jasa

Industri jasa menyumbang lebih dari 70 persen dari perekonomian. Mereka mempekerjakan lebih dari 70 persen angkatan kerja. Dari layanan pemerintah hingga jasa pariwisata, perbankan, dan bisnis dan pribadi, Belanda memiliki salah satu perekonomian jasa terkuat di Uni Eropa.

Manufaktur

Manufaktur membentuk sampai sekitar 26 persen dari perekonomian. Sektor ini mempekerjakan 23 persen dari angkatan kerja. Barang-barang yang diproduksi utamanya adalah makanan olahan, produk logam dan teknik, mesin dan peralatan listrik, bahan kimia, produk minyak bumi, dan mikroelektronika.

Pertanian dan Perikanan

Pertanian Belanda biasanya kecil. Hanya sekitar 4 persen dari angkatan kerja yang bergerak di bidang pertanian. Tapi pertanian secara luas dibudidayakan dengan peralatan mekanis dan menghasilkan surplus untuk ekspor. Tanaman utama meliputi gandum, rami (digunakan untuk membuat linen), oat, kentang, gula bit, sayuran, dan buah-buahan. Bunga-bunga segar dan umbi-terutama bunga tulip, hyacinth, dan bakung juga ditanam dalam jumlah besar. Semuanya diekspor di seluruh dunia.

Namun, peternakan sapi perah adalah bagian paling penting dari ekonomi agrikultural. Sebagian besar lahan digunakan untuk tempat merumput sapi perah. Belanda terkenal dengan produk susu seperti keju, susu, dan mentega. Sapi dan ternak lainnya juga dipelihara untuk diambil dagingnya. Industri perikanan Belanda telah ada selama berabad-abad dan masih memberikan kontribusi untuk perekonomian. Hasil tangkapan utama adalah herring, makarel, cod, haddock, dan belut.

Perdagangan

Lokasi negara ini di Laut Utara telah membuatnya menjadi pusat perdagangan alami. Tidak hanya berdagang dengan banyak negara di seluruh dunia, namun kapal-kapal juga membawa barang pergi ke dan dari negara-negara di sepanjang Sungai Rhine. Mitra dagang yang paling penting adalah Belgia, Inggris, Jerman, Amerika Serikat, Prancis, dan Italia.

Transportasi

Belanda memiliki jalur kereta api sepanjang 2.808 kilometer yang menghubungkan semua kota besar. Negara ini juga memiliki jalan raya sepanjang 116.500 kilometer. Bandara internasional terletak di Amsterdam dan Rotterdam.

Pedagang dan pelaut Belanda pernah membuat bangsa mereka menjadi kekuatan dunia terkemuka. Kota pelabuhan dan pelabuhan terletak di Amsterdam, Delfzijl, Dordrecht, Eemshaven, Groningen, Haarlem, IJmuiden, Maastricht, Rotterdam, Terneuzen, Utrecht, dan Vlissingen.

Komunikasi

Sekitar 60 stasiun radio dan 20 stasiun televisi disiarkan di Belanda. Penggunaan telepon seluler terus meningkat. Dan lebih dari 14 juta pengguna Internet dilayani oleh lebih dari 50 penyedia layanan Internet (ISP). Koran harian utama di negara itu, De Telegraaf, diterbitkan di Amsterdam.

Kota-kota Besar

Amsterdam adalah ibukota resmi dan kota terbesar di Belanda. Kota ini memiliki populasi sekitar 800.000 jiwa dan merupakan pusat negara perdagangan, perbankan, dan industri Belanda. Den Haag, dengan jumlah penduduk 505.000 jiwa, terletak sekitar 48 kilometer di selatan Amsterdam. Kota ini adalah pusat dari pemerintahan Belanda dan menjadi situs dari Mahkamah Internasional, organ dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Rotterdam, dengan populasi sekitar 615.000 jiwa, adalah kota terbesar kedua di negara itu. Rotterdam-Europoort adalah pelabuhan terbesar di dunia dan pintu gerbang untuk banyak pengiriman Eropa Barat. Kota Belanda terkenal lainnya adalah Haarlem, sebuah kota pasar bunga; Groningen, pusat pasar di utara; Eindhoven, pusat industri; dan kota-kota universitas tua Leiden dan Utrecht.

Sejarah Budaya

Pada tahun 1500-an awal, humanisme -gerakan intelektual yang tumbuh di zaman Renaissance- menyebar dari Italia ke Eropa utara. Desiderius Erasmus, seorang sarjana dan pendeta Belanda, menjadi humanis terkemuka di utara. Tulisan-tulisannya menjunjung tinggi nilai-nilai kekristenan saat menantang praktek-praktek para pemimpin gereja Katolik.

Saat itu, Belanda mulai memproduksi karya seni, sebuah prestasi yang berlanjut hingga hari ini. Di antara master Belanda yang paling terkenal adalah Hieronymus Bosch, Rembrandt van Rijn, Frans Hals, Jan Vermeer, Pieter de Hooch, Jacob van Ruisdael, Vincent van Gogh, Piet Mondrian, dan M.C. Escher.

Koleksi seni rupa menggantung di beberapa museum terkenal di dunia. Museum-museum itu antara lain Rijksmuseum (Museum Nasional) dan Van Gogh Museum di Amsterdam, Mauritshuis di Den Haag, dan Kröller-Müller Museum di Otterlo, dekat Arnhem. Stedelijk (Municipal) Museum, di Amsterdam, dikhususkan terutama untuk seni modern.

Ada patung-patung modern yang mencolok di berbagai kota, khususnya di Amsterdam dan Rotterdam. Utrecht dan Amsterdam memiliki patung yang didedikasikan untuk Anne Frank. Dia adalah seorang gadis Yahudi Jerman-Belanda yang tewas di kamp konsentrasi selama Perang Dunia II. Buku hariannya, diterbitkan setelah kematiannya, membuat dirinya terkenal. Belanda juga memiliki beberapa ruang konser, seperti The Hague Philharmonic, Netherlands Chamber Orchestra, dan Amsterdam Royal Concertgebouw. Yang terakhir ini dianggap sebagai salah satu orkestra simfoni terbaik di dunia.

Pemerintah

Kerajaan Belanda adalah monarki konstitusional. Keluarga kerajaan termasuk ke dalam House of Orange-Nassau yang didirikan oleh William I, Pangeran Nassau dan Pangeran Orange, di tahun 1500-an. Semua raja Belanda di tahun 1900-an adalah Ratu. Ratu Wilhelmina memerintah dari tahun 1890 ke 1948. Ratu Juliana memerintah dari tahun 1948 sampai 1980 dan Ratu Beatrix memerintah dari tahun 1980 sampai 2013. Ketika Beatrix pensiun, anaknya, Willem-Alexander, menjadi raja. Raja berfungsi sebagai kepala negara. Tapi kepemimpinan pemerintah sebenarnya terletak pada Dewan Menteri. Dewan dipimpin oleh seorang perdana menteri.

Lembaga legislatif adalah Staten Generaal (Serikat Umum), terdiri atas dua majelis. 75 anggota Eerste Kamer (Majelis Pertama) dipilih oleh dua belas dewan provinsi untuk masa jabatan 4 tahun. 150 anggota Tweede Kamer (Majelis Kedua) dipilih langsung oleh rakyat untuk masa jabatan 4 tahun. Legislasi dilakukan di Majelis Kedua dan harus disetujui oleh Majelis Pertama. Perdana menteri dan anggota kabinet lainnya diangkat oleh raja dari partai politik dengan mayoritas di Staten Generaal. Dewan Negara dipimpin oleh raja dan berfungsi sebagai badan penasehat.

Komentar Anda