Profil Singkat Negara Jepang

Jepang adalah negara di Asia Timur. Selama berabad-abad, negara ini hampir sepenuhnya terisolasi. Jepang enggan dibuka diri untuk negara-negara Barat pada pertengahan 1800-an. Pada era 1900-an, Jepang dengan cepat menjadi kekuatan industri. Hari ini, Jepang menjadi salah satu kekuatan ekonomi terkemuka di dunia.

Peta Jepang

Jepang adalah rumah bagi lebih dari 127 juta orang. Tapi jumlah itu lebih kecil daripada penduduk negara bagian AS, California. Jepang adalah salah satu negara paling padat penduduknya di dunia. Rata-rata rentang kehidupan orang Jepang adalah 81 tahun, salah satu yang tertinggi di dunia.

Jepang terdiri atas empat pulau besar dan ribuan pulau yang lebih kecil. Pulau-pulau itu membentang dalam wilayah panjang dan sempit, dari timur laut hingga ke barat daya, di lepas pantai timur Asia. Dalam hal perbatasan, samudra Pasifik terletak di timur. Laut Filipina dan Laut China Timur  ada di selatan, sedangkan Laut Timur (Laut Jepang) terletak di barat.

Pulau Jepang adalah puncak pegunungan yang terendam. Hampir 75 persen dari wilayahnya berupa pegunungan. Ada banyak gunung berapi aktif dan gempa bumi sering terjadi di sini. Gunung tertinggi dan paling terkenal di Jepang adalah Gunung Fuji. Guning ini adalah gunung berapi yang tidak aktif. Bentuknya yang anggun dan berselimut salju telah lama mengilhami para penyair dan seniman.

Jepang tidak memiliki sungai panjang. Yang terbesar adalah Shinano,  panjangnya hanya sekitar 370 kilometer. Laut Pedalaman adalah jalur air yang dihiasi sekitar 700 pulau. Wilayah ini sebagian dijejali pulau-pulau besar seperti Honshu, Shikoku, dan Kyushu.

Curah hujan di Jepang melimpah. Musim seminya menyenangkan. musim panas umumnya sangat panas dan lembab. Musim gugur cerah, sedang musim dinginnya sejuk hingga dingin, dengan salju sering turun di beberapa daerah. Jepang rentan terhadap topan. Serangan badai kadang-kadang menyebabkan tanah longsor.

Empat pulau utama membentuk sebagian besar wilayah Jepang. Pulau-pulau ini adalah rumah bagi hampir semua rakyatnya. Honshu merupakan pulau terbesar dan terpadat dan memiliki banyak kota terbesar. Dataran Kanto, di bagian timur Honshu, merupakan daerah pertanian dan industri utama. Danau Biwa, danau terbesar di Jepang, juga berada di Honshu. Hokkaido, wilayah tanah berbatu, adalah pulau utama paling utara, sedangkan Kyushu adalah pulau utama paling selatan. Shikoku adalah yang terkecil dari pulau-pulau utama.

Masyarakat Jepang sebagian besar tinggal di kota-kota. Tokyo, ibukota negara, merupakan salah satu kota terbesar di dunia. Kota ini adalah pusat pemerintahan, industri, perdagangan, keuangan, dan pendidikan. Yokohama adalah kota terbesar kedua dan pelabuhan terbesar di Jepang. Osaka dan Kobe adalah kota pelabuhan terkemuka lainnya. Nagoya merupakan jantung industri otomotif Jepang, dan Kyoto merupakan pusat agama dan kesenian tradisional.

Komentar Anda