Mengenal Empat Pulau Utama Jepang

Jepang terdiri atas ribuan pulau. Tapi kebanyakan dari pulau-pulau itu cukup kecil ukurannya. Empat pulau utama membentuk sebagian besar wilayah Jepang dan menjadi tempat tinggal bagi hampir semua penduduk Jepang. Berikut data singkat pulau-pulau utama Jepang:

Gambar Peta Politik Jepang

Honshu

Honshu adalah yang terbesar dan terpadat dari empat pulau utama. Pulau ini mencakup sekitar 60 persen dari total luas wilayah Jepang. Honshu juga memiliki banyak kota besar dan menjadi tempat tinggal bagi sekitar 80 persen penduduk Jepang. Dataran Kanto terletak di bagian timur pulau dan merupakan daerah pertanian dan industri utama serta menjadi lokasi ibukota Jepang, Tokyo. Kota-kota utama di Honshu lainnya adalah Yokohama, Osaka, Nagoya, dan Kyoto. Danau Biwa, danau terbesar di Jepang, terletak dekat Kyoto.

Hokkaido

Sebagai pulau paling utara, Hokkaido adalah pulau terbesar kedua dan pulau terpadat ketiga di Jepang. Tanahnya berbatu dan tak seindah pulau-pulau Jepang lainnya. Karena iklimnya -dingin dan suram di sebagian besar tahun dengan salju berat- Hokkaido, sampai sekitar satu abad yang lalu, dianggap sebagai wilayah terpencil. Sekarang pulau ini memiliki kota-kota besar dan industrinya berkembang. Hokkaido juga menjadi daerah resor populer untuk olahraga musim dingin. Kota utama di sini adalah Sapporo.

Kyushu

Pulau utama paling selatan adalah Kyushu. Pulau ini menempati peringkat kedua dalam hal populasi setelah Honshu dan peringkat ketiga dalam hal luas wilayah setelah Hokkaido. Karena ukurannya yang relatif kecil, Kyushu menjadi pulau paling padat penduduknya daripada pulau-pulau lainnya. Kota-kota besarnya antara lain Fukuoka, Kitakyushu, dan Nagasaki.

Shikoku

Shikoku adalah yang terkecil dari semua pulau utama, baik dalam hal luas wilayah maupun jumlah penduduk. Sebelum jembatan yang menghubungkan pulau ini ke kota Hiroshima di pulau Honshu dibangun, Shikoku cukup terisolasi dari seluruh negara. Kota terbesarnya adalah Matsuyama.

Pulau-pulau lain yang penting adalah Ryukyu dan Bonin (Ogasawara). Ryukyu adalah kepulauan dengan lebih dari 100 pulau pegunungan yang terletak di selatan Kyushu. Okinawa adalah kota terbesar dan paling penting di Ryukyu. Kepulauan Bonin yang cukup sedikit penduduknya membentang sekitar 970 kilometer di tenggara pulau-pulau utama. Bonin memiliki lebih dari 30 pulau tropis dan subtropis.

Komentar Anda