10 Fakta Menarik Tentang Tom Cruise

Thomas Cruise Mapother IV tidak pernah bermimpi menjadi seorang aktor papan atas Hollywood dengan bayaran termahal. Tom Cruise kecil sebenarnya berambisi menjadi seorang pendeta. Ia lahir di Syracuse, New York pada 3 Juli 1962. Cruise adalah salah satu aktor paling dicari dalam sejarah perfilman Hollywood. Namanya adalah jaminan mutu film-film box office nyaris di semua genre. Berikut 10 fakta unik mengenai Tom Cruise:

Fakta Tom Cruise

1. Cruise pernah menolong seorang korban kecelakaan dan membayar semua biaya pengobatannya. Orang yang ditolong itu ternyata adalah aktris Brazil, Heloisa Vinhas.

2. Kesuksesannya dalam film Mission: Impossible (1996), membuatnya meraup pendapatan kasar hingga 70 juta dolar. Sebuah angka yang teramat fantastis. Ia memperoleh uang sebanyak ini dengan cara menolak semua bayaran di depan, dan membuat perjanjian bahwa ia berhak mendapat 30% dari total pendapatan film itu atas perannya baik sebagai produser maupun aktor.

3. Pada bulan Mei 2001, Cruise mengajukan gugatan fitnah dan pencemaran nama baik senilai 100 juta dolar terhadap Michael Davis, seorang pria yang diduga hendak memeras Cruise dengan menjual rekaman video dirinya tengah melakukan hubungan seks dengan seorang aktor. Gugatan itu memaksa Davis membuat pernyataan “untuk menyakiti penggugat dan mendapatkan publisitas yang luas untuk dirinya sendiri.”.

4. Saat malam penganugerahan Academy Awards 2002, Cruise tidak bisa hadir lama sebab saat itu adalah gilirannya untuk menjaga anak-anaknya, yang merupakan buah cinta Cruise dengan mantan istrinya, aktris Nicole Kidman. Setelah prosesi pembukaan, Cruise keluar lewat pintu belakang, pulang ke rumah, dan menonton sisa acara di TV bersama anak-anaknya, Conor dan Isabella.

5. Cruise adalah aktor pertama yang mampu membintangi lima film yang meraup keuntungan di atas 100 juta dolar secara beruntun, yakni A Few Good Men (1992), The Firm (1993), Interview with the Vampire: The Vampire Chronicles (1994), Mission: Impossible (1996), dan Jerry Maguire (1996). Rekor itu dilampaui Will Smith pada 2008 yang bermain dalam 8 film secara beruntun.

6. Saat menghadiri premier film War of the Worlds (2005) di London, seseorang yang tak dikenal menyemprotkan air pada wajahnya selama wawancara. Reaksi Cruise pada kamera tegas tapi tidak marah. Pelakunya lantas didakwa dengan tindak pidana penyerangan.

7. Cruise bersahabat baik dengan pesepakbola David Beckham dan menjadi pendukung tim Beckham terdahulu, Real Madrid.

8. Cruise kerap memaksa untuk memainkan adegan-adegan berbahaya sendirian, seperti memanjat gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, dalam film Mission: Impossible – Ghost Protocol (2011) serta adegan kejar-kejaran mobil dalam Jack Reacher (2012).

9. Bentuk tubuh dan wajah tampan Cruise dijadikan model karakter kartun Disney, Aladdin (1992).

10. Sebenarnya, Tom Cruise memutuskan belajar akting setelah ia kehilangan tempat di tim gulat sekolah menengahnya karena menderita cedera lutut.

Komentar Anda