10 Fakta Menarik Tentang Russell Crowe

Russell CroweAktor peraih Oscar ini lahir di Wellington, New Zealand, pada 7 April 1964. Sejak kecil, ia pindah ke Australia. Russell Crowe sudah akrab dengan dunia akting sejak masih kanak-kanak. Ia sering tampil mengisi acara di TV lokal Australia. Namanya mulai dikenal orang saat bermain dalam film Romper Stomper (1992) dan The Sum of Us (1994). Berikut 10 fakta unik mengenai Russell Crowe:

1. Saat berusia 10 tahun, Crowe kehilangan gigi depannya ketika bermain rugby. Giginya itu tak pernah diperbaiki sampai sutradara The Crossing (1990) mendesaknya dan bahkan membiayai perbaikan gigi Crowe.

2. Crowe memiliki darah campuran multi-etnis, antara lain Wales, Inggris, Irlandia, Skotlandia, Maori, Jerman, Norwegia, dan Swedia.

3. Setelah syuting film Gladiator (2000), Crowe dan teman-temannya melakukan touring keliling Australia sejauh 6437 km dengan sepeda motor.

4. Crowe pernah mencoba peruntungan dalam dunia musik. Ia pernah bermain dalam beberapa grup. Salah satu band rock yang pernah digawanginya adalah 30 Odd Foot of Grunts. Band ini tampil pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 2000 menyusul kesuksesan Crowe dalam film Gladiator.

5. Crowe rela berhenti merokok demi anaknya yang baru lahir. Namun akhirnya kebiasaannya itu kambuh lagi.

6. Ia menulis lagu tentang aktris Jodie Foster berjudul Other Ways of Speaking bersama bandnya, 30 Odd Foot of Grunts. Jodie Foster menganggap Crowe adalah teman yang baik.

7. Oleh American Film Institute, film yang dibintangi Crowe, A Beautiful Mind (2001) ditempatkan di peringkat ke-93 dalam jajaran 100 Film Paling Menginspirasi Sepanjang Masa (2006).

8. Crowe bersahabat baik dengan aktris Hollywood asal Australia, Nicole Kidman. Ketika dinobatkan sebagai Aktris Terbaik dalam film The Hours (2002), Kidman bahkan menyebut nama Crowe saat memberikan pidato penerimaan Oscar. Crowe juga menjadi salah satu tamu dalam pernikahan kedua Kidman dengan Keith Urban.

9. Business Review Weekly memperkirakan pendapatan Crowe pada tahun 2001 mencapai 15,4 juta dolar. Sebuah angka yang sangat fantastik. Crowe juga dianggap sebagai salah satu aktor dengan bayaran paling tinggi di Hollywood.

10. Sejauh ini, Crowe telah tampil dalam enam film yang dinominasikan Oscar kategori film terbaik, yakni L.A. Confidential (1997), The Insider (1999), Gladiator (2000), A Beautiful Mind (2001), Master and Commander: The Far Side of the World (2003) dan Les Misérables (2012). Dari keenam film itu, hanya Gladiator dan A Beautiful Mind yang meraih Oscar.

Komentar Anda