10 Fakta Menarik Tentang Robert Downey Jr.

Robert John Downey Jr. lahir di New York City pada tanggal 4 April 1965. Aktor tampan dengan reputasi besar ini memulai debutnya saat berusia 5 tahun dalam film Pound (1970) yang disutradari ayahnya, Robert Downey Sr. Berikut 10 fakta unik dari pemeran Sherlock Holmes ini:

Robert Downey Jr.

1. Downey adalah mantan pecandu narkoba. Ia bahkan pernah dihukum 6 bulan karena penyalahgunaan narkoba. Ia ditempatkan di panti rehabilitasi pada tahun 1998. Akhirnya ia dibebaskan dengan jaminan 5.000 dolar.

2. Sebelum itu, Downey pernah ditangkap Polisi karena mengebut di jalanan dalam kondisi mabuk, serta memiliki heroin dan senjata api. Tahun 1996 ia bahkan diberi hukuman percobaan 3 tahun, dan kemudian dibebaskan dengan syarat menjalani tes dan konseling obat-obatan.

3. Ayah Downey adalah orang yang pertama kali mengenalkannya pada narkoba. Ia menawari Downey ganja saat berusia 8 tahun.

4. Terlepas dari segala perilaku buruknya di masa lalu, Downey adalah salah satu aktor paling dihormati yang menuai banyak penghargaan, seperti dua nominasi Academy Awards, tiga piala Golden Globe, dan puluhan piala dan nominasi lainnya.

5. Downey menikahi istri pertamanya, Deborah Falconer, setelah berpacaran selama 42 hari saja.

6. Saat mempromosikan film Iron Man (2008) di Jepang, Downey sempat ditahan saat memasuki negara itu karena catatan kriminalitasnya yang luar biasa (beberapa kali ditangkap polisi dan terlibat penggunaan narkotika). Downey bahkan diinterogasi selama 6 jam dan hampir dilarang memasuki Negeri Sakura itu. Akhirnya ia diperbolehkan memasuki Jepang untuk premier Iron Man, tapi ia tak akan pernah diizinkan memasuki Jepang lagi.

7. Downey memiliki darah campuran. Nenek moyang ayahnya berdarah Yahudi Lithuania, Irlandia, dan Hungaria, sementara nenek moyang ibunya berasal dari Skotlandia, Jerman, dan Swiss-Jerman.

8. Sebelum menjadi aktor terkenal, Downey pernah bekerja di restoran dan toko sepatu. Sebelumnya ia drop out dari sekolah menengah atas Santa Monica saat berusia 17 tahun.

9. Downey membintangi video klip Elton John dalam lagu I Want Love. Downey diijinkan keluar dari rehabilitasi selama satu hari pada akhir Juli 2001 khusus untuk syuting video klip ini yang dilakukan di Greystone Manor, Beverley Hills.

10. Sebelum tampil dalam Iron Man (2008), Downey telah bermain dalam tiga film bersama tiga aktor yang pernah memerankan Batman: dengan George Clooney dalam Good Night, and Good Luck. (2005); dengan Val Kilmer dalam Kiss Kiss Bang Bang (2005); dan dengan Michael Keaton dalam Game 6 (2005).

Komentar Anda