10 Fakta Menarik Tentang Lee Da-hae

Lee Da-hae adalah aktris terkenal Korea yang lahir pada tanggal 19 April 1984 di Seoul. Lee melejitkan namanya lewat kesuksesannya dalam beberapa drama Korea seperti My Girl (2005), Green Rose (2005), The Slave Hunters (2010), dan Miss Ripley (2011). Berikut 10 fakta unik mengenai Lee Da-hae:

Lee Da Hae1. Saat duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar, Lee Da-hae dan keluarganya pindah ke Australia, tepatnya ke kota Sydney. Di sana namanya berganti menjadi Cherry Byun.

2. Saat masih remaja, Lee Da-hae sering menampilkan tarian tradisional Korea di Australia. Setelah lulus dari Burwood Girls High School, Lee kembali ke tanah kelahirannya, Korea, pada tahun 2001 dan mencoba peruntungannya di dunia akting.

3. Debut pertama Lee Da-hae terjadi ketika ia terpilih menjadi Miss Chunhyang Pageant yang ke-71 pada tahun 2001. Segera setelah itu ia tampil dalam beberapa drama TV.

4. Pada tahun 2004, Lee diplot sebagai pemeran utama drama Lotus Flower Fairy (Heaven’s Fate), di mana ia memerankan karakter anak seorang cenayang yang dikucilkan keluarga dan masyarakatnya. Atas peran ciamiknya itu Lee dianugerahi predikat sebagai Aktris Terbaik dalam Baeksang Arts Awards.

5. Karirnya semakin melejit di tahun 2005 saat ia membintangi dua drama Korea sukses, yakni Green Rose dan My Girl. Drama yang terakhir semakin menahbiskan eksistensi Lee sebagai aktris papan atas Korea.

6. Lee kembali bermain dalam komedi romantis berjudul Hello! Miss pada tahun 2007. Tahun 2008 Lee berperan sebagai janda muda dalam drama Robber.

7. Pada tahun 2009, Lee bergabung dengan agensi penyanyi Rain, J. Tune Entertainment, dan muncul dalam video klip penyanyi Taiwan, Wilber Pan berjudul Pas de Deux.

8. Lee yang lancar berbahasa Inggris dan Mandarin memiliki 3 juta follower di akun jejaring sosial China, Weibo. Debut drama TV Chinanya terjadi pada tahun 2012. Walau kebanyakan aktris Korea yang tampil dalam drama China memakai suara dubbing, Lee berusaha keras untuk mempelajari dan menghafal naskah China dalam dramanya, membuatnya menjadi aktris Korea pertama yang tampil dalam bahasa Mandarin.

9. Pada Desember 2013, Lee Da-hae mengajukan tuntutan atas pencemaran nama baik oleh pengguna Internet yang menyebarkan rumor bahwa dirinya terlibat pelacuran selebriti papan atas.

10. Sejauh ini, Lee Da-hae telah mengoleksi 15 penghargaan bergengsi dan 4 nominasi dari berbagai ajang penghargaan.

Komentar Anda