Mempelajari Kehidupan Bayi Panda

Panda kini menghadapi bahaya kepunahan. Tidak banyak panda yang tersisa di alam liar.Pada tahun 2013, hanya ada sekitar 1.000 ekor panda yang hidup di alam liar, 100 ekor darinya hidup di kebun binatang. 99% makanan panda adalah bambu dan binatang ini bisa makan hingga 13 kilogram bambu setiap hari.

Bayi panda

Panda adalah beruang yang paling disukai di bumi. Kadang-kadang mereka sulit dipahami di alam. Sementara para ilmuwan masih mempelajari panda, populasi mereka berkurang dengan cepat akibat habitat asli mereka di hutan bambu China semakin menghilang. Setelah mengamati panda di kebun binatang dan terkadang di habitat alami mereka, para ilmuwan banyak mempelajari sesuatu tentang mereka.

Masa kehamilan panda berlangsung antara 95 sampai 165 hari. Umumnya, dua bayi panda dilahirkan, namun tingkat kelangsungan hidup mereka hanya separuh di alam, sebab hanya satu dari mereka yang bisa tumbuh dewasa. Mereka lahir tanpa bulu tubuh. Selain marsupialia, bayi panda merupakan mamalia terkecil di bumi bila jika dibandingkan dengan ukuran induk mereka. Umumnya, berat bayi panda hanya berkisar antara 3-4 ons.

Bayi panda lahir dengan mata tertutup dan akan tetap tertutup hingga 6-8 minggu setelah kelahirannya. Mereka tidak bisa bergerak dari tempatnya sampai setidaknya berusia tiga tahun. Oleh karena itu, bayi panda benar-benar bergantung pada ibunya sampai mereka mencapai usia satu tahun. Bayi panda akan berkembang dengan cepat antara usia 5 bulan sampai 1 tahun. Selama masa pertumbuhan, panda bayi akan mengikuti setiap perilaku ibunya seperti berjalan, memanjat pohon, atau bahkan makan bambu.

Setelah bayi panda mencapai usia dua tahun, ia akan meninggalkan ibunya dan memulai keluarganya sendiri. Belum ada informasi tentang mengapa anak panda akan meninggalkan ibunya setelah dua tahun. Meskipun panda adalah hewan lucu dan dianggap tidak berbahaya, mereka berada dalam daftar spesies yang terancam punah dan akan benar-benar punah jika habitat alami mereka tidak dikembalikan seperti semula. Sayangnya, panda dewasa yang tersisa sangat sedikit jumlahnya dan terus berkurang dengan cepat. Meskipun tidak ada bukti yang tepat mengenai umur panda dewasa, para ilmuwan masih percaya bahwa mereka bisa hidup sampai sekitar 35 tahun.

Komentar Anda