Fakta-Fakta Mengenai Konfusius

Konfusius adalah seorang pemikir China yang dianggap paling berpengaruh dalam sejarah China. Filosofinya telah mempengaruhi cara pandang ratusan juta orang terhadap alam semesta dan peran mereka di dalamnya. Bagi banyak orang di dunia Barat, Konfusius sangat dikenal karena ucapan bernasnya yang kerap membawa kebijaksanaan besar hanya dalam beberapa kata. Mari kita simak 10 fakta mengenai Konfusius:

Konfusius

1. Konfusius lahir pada tahun 551 SM dan hidup selama 72 tahun.

2. Meski hari kelahiran Konfusius dianggap luhur oleh banyak pengikutnya, pada hari itu keluarganya sangat miskin.

3. Kehidupan awal Konfusius tidaklah menyenangkan, dan ketika ia mulai meraih keberhasilan di tahun-tahun berikutnya, ia dimusuhi keluarga yang menjadi pendermanya. Hal ini memaksanya mengasingkan diri.

4. Saat kembali dari pengasingan 12 tahun kemudian, Konfusius mulai mengumpulkan karya-karya filsafat dan mengajarkannya pada orang lain.

5. Sekolah filsafat yang didirikan Konfusius disebut “Rujia.” Sekolah ini bersaing dengan sekolah-sekolah lain selama periode ketidakstabilan sosial dan politik serta perang konstan dalam sejarah China.

6. Konfusius menyatakan bahwa ide-idenya sebenarnya adalah penyajian kembali ide-ide yang lebih tua. Namun, Jeffrey Riegel menulis di Stanford University Encyclopedia of Philosophy bahwa banyak dari ajaran-ajarannya tampak asli dan secara radikal diambil dari pemikiran standar pada waktu itu.

7. Sebagian besar ajaran Konfusius fokus pada mencintai orang lain dan menahan diri.

8. Konfusius adalah seorang guru sejati. Ia merasa bahwa setiap orang bisa belajar dan ia membuka peluang bagi orang-orang dari semua kelas sosial untuk mendengar dan belajar dengannya.

9. Meski menekankan studi tradisional pada setiap orang China waktu itu, ia mengajarkan bahwa studi tentang moralitas adalah yang paling penting.

10. Menurut perkiraan, jumlah siswa yang benar-beanr diajar Konfusius berkisar antara 70 sampai beberapa ribu orang.

Komentar Anda