Fakta-Fakta Tentang Christopher Columbus

Christopher Columbus dikenal karena menemukan benua Amerika dalam pelayarannya ke seluruh dunia untuk mencapai Hindia Timur. Banyak juga orang yang mencatat bahwa perjalanan Columbus telah membawa penyakit dan perbudakan ke Amerika, meskipun kesalahan tidak sepenuhnya ada pada diri Columbus. Penemuan Christopher Columbus ini telah mengubah dunia. Berikut 10 hal unik tentang Columbus:

Columbus

1. Christopher Columbus tidak berasal dari negara tertentu. Ia sering keliru dianggap sebagai orang Portugis, Spanyol, atau Italia, tapi Columbus sebenarnya lahir di Genoa. Genoa sekarang menjadi bagian dari Italia yang pada saat itu bukan milik negara manapun. Ia tinggal di Portugal ketika Raja Ferdinand dan Ratu Isabella dari Spanyol memintanya untuk berlayar ke seluruh dunia untuk mencapai Hindia Timur.

2. Christopher Columbus memiliki satu saudara perempuan, Bianchinella, dan tiga saudara laki-laki, yakni Giacomo, Giovanni Pellegrino, dan Bartolomeo. Pada akhirnya, Columbus hidup bersama Bartolemeo di Lisbon, Portugal, di mana mereka bekerja sebagai kartografer atau pembuat peta.

3. Sepanjang hidupnya, Columbus hanya sekali menikah, yakni dengan Felipa Moniz, tapi ia memiliki putra kedua, Fernando, dari hubungannya dengan Dona Beatrize Enriquez de Arana. Hubungan ini dimulai setelah Felipa meninggal dunia.

4. Ketika masih muda, Columbus adalah seorang privateer. Ia bekerja untuk Italia sebagai pelaut di berbagai kapal privateer (kapal bersenjata yang dimiliki dan diawaki pribadi dan ditugaskan oleh pemerintah untuk bertempur melawan kapal musuh). Ketika ia berusia 25 tahun, kapalnya diserang bajak laut Perancis. Kapal itu hancur, tapi Columbus berhasil mencapai pantai Portugal. Kejadian ini membuatnya menjadi seorang pembuat peta bersama saudaranya.

5. Columbus mendekati empat penguasa berbeda untuk mencari pembiayaan guna melakukan perjalanan ke Hindia Timur, sebuah perjalanan yang akhirnya membuatnya menemukan Amerika. Columbus mulai dengan mendekati Portugal, kemudian Spanyol, diikuti Inggris dan Perancis. Setelah ditolak oleh semua negara itu, ia kembali ke Raja Ferdinand dan Ratu Isabella dan mencoba lagi. Pendekatan ini memakan waktu enam tahun, meski pada akhirnya Spanyol setuju untuk membiayai perjalanan Columbus.

6. Pada tahun 2011, Columbus menjadi salah satu dari tiga orang yang namanya dipakai sebagai hari libur nasional AS. Columbus Day jatuh pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Dua orang lainnya adalah George Washington, yang hari liburnya sering disebut sebagai President’s Day yang dirayakan pada hari Senin ketiga bulan Februari, serta Martin Luther King Jr Day yang jatuh pada Senin ketiga bulan Januari.

7. Columbus Day juga dirayakan di Spanyol untuk menghormati pelayaran dan penemuan Christopher Columbus. Di Spanyol, Columbus Day selalu jatuh pada tanggal 12 Oktober setiap tahunnya.

8. Selama periode 11 tahun, Christopher Columbus membuat empat perjalanan ke New World (Amerika). Columbus selalu bersikeras bahwa ia telah mencapai Hindia Timur dan mengklaim tanah itu untuk Spanyol.

9. Columbus seringkali dituding sebagai orang yang membawa penyakit Eropa seperti kolera dan cacar ke New World, namun studi baru menunjukkan bahwa ia mungkin juga membawa penyakit sifilis dari New World ke Eropa.

10. Saat masih muda, Columbus sering berlayar ke Islandia dalam perjalanan ke Inggris dan Atlantik utara. Perjalanan ini yang membantunya belajar mengarungi lautan dan mulai bertanya-tanya mungkinkah dirinya berlayar ke seluruh dunia.

Komentar Anda