Sekilas Mengenai Galileo Galilei

Galileo lahir di Pisa, Italia, pada tanggal 15 Februari 1564. Nama lengkapnya adalah Galileo Galilei, tapi saat ini kebanyakan orang memanggilnya hanya dengan Galileo saja. Ketika ia masih kecil, keluarganya pindah ke Florence. Kemudian, ayah Galileo mengirimnya ke Universitas Pisa untuk belajar kedokteran. Namun, Galileo lebih tertarik dengan matematika, sehingga ia kembali ke Florence.

Galileo

Pada tahun 1589, Galileo menjadi guru besar matematika di Universitas Pisa. Setelah itu, ia mengajar di Universitas Padua. Pada tahun 1609, Galileo membangun teleskop pertamanya. Ia menggunakan alat itu untuk mempelajari langit. Ia menemukan fakta bahwa permukaan bulan kasar dan penuh kawah. Selain itu, Galileo juga menemukan ada empat satelit yang mengelilingi Jupiter.

Pada jaman Galileo hidup, banyak ilmuwan mengira bahwa planet-planet bergerak mengelilingi bumi. Mereka percaya bahwa bumi tidak bergerak. Namun pada tahun 1543, seorang astronom bernama Nicolaus Copernicus mengatakan bahwa semua planet, termasuk bumi, bergerak mengelilingi matahari. Galileo setuju dengan pendapat Copernicus.

Pada tahun 1633, Gereja Katolik Roma menghukum Galileo karena keyakinannya itu. Para pemimpin gereja merasa Galileo menentang ajaran Alkitab karena menyetujui Copernicus. Galileo tidak diizinkan meninggalkan rumahnya selama sisa hidupnya. Ilmuwan besar ini akhirnya meninggal dunia pada 8 Januari 1642 di Arcetri, Italia.

Komentar Anda