Fakta-Fakta Menarik Tentang Platypus

gambar platypus

Platypus (Ornithorhynchus anatinus) adalah mamalia semi-akuatik asal Australia timur. Hewan ini termasuk dalam keluarga Ornithorhynchidae. Platypus adalah satu-satunya mamalia yang bertelur. Fakta lain yang sangat aneh tentang hewan ini adalah bahwa mereka adalah mamalia yang berbisa. Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang platypus.

Bulu tebal berwarna coklat pada tubuh dan ekor platypus berfungsi menjaga hewan ini agar tetap hangat. Bulu ini juga tahan air. Platypus biasanya menggunakan ekornya untuk menyimpan cadangan lemak, seperti yang dilakukan tasmanian devil dan domba berekor gemuk.

Meski tergolong mamalia, platypus memiliki kaki berselaput dan paruh besar seperti bebek.

Berat platypus sekitar 0,7-2,4 kg; betina lebih kecil dibandingkan pejantan. Panjang rata-rata platypus jantan sekitar 50 cm, sementara betina rata-rata 43 cm.

Rata-rata suhu tubuh kelompok hewan mamalia plasental adalah sekitar 37 derajat Celcius, namun platypus memiliki suhu 32 derajat Celcius.

Tidak seperti betina, taji platypus jantan dikenal memiliki racun. Meskipun racun platypus bisa membunuh binatang kecil, namun racun itu tidak bisa membunuh manusia, hanya menimbulkan rasa sakit saja.

Platypus adalah satu-satunya mamalia yang memiliki indera sensor listrik. Mereka bisa mengidentifikasi mangsanya dengan mendeteksi medan listrik yang dipancarkan oleh kontraksi otot.

Platypus rata-rata bisa hidup sampai 17 tahun di alam liar; sedangkan di penangkaran mereka hanya bisa hidup sampai 11 tahun.

Platypus sebenarnya adalah hewan nocturnal (hewan malam), tetapi mereka juga tetap aktif pada siang hari.

Platypus adalah perenang yang sangat baik dan mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air untuk mencari makanan. Mereka bisa tetap berada di dalam air selama sekitar 30 detik, tapi juga bisa bertahan lebih lama dari itu.

Platypus adalah spesies karnivora dan mereka memakan udang, annelida, larva serangga, dan hewan kecil lain.

Platypus bisa tidur hingga 14 jam per hari, hal ini mungkin disebabkan karena mereka makan krustasea yang mengandung banyak kalori.

0 thoughts on “Fakta-Fakta Menarik Tentang Platypus

  • 04/07/2014 at 1:53 pm
    Permalink

    baru tahu sy kalau platypus berbisa

    Reply

Komentar Anda