10 Fakta Menarik Tentang Walt Disney

Walt DisneySetiap anak kecil pasti pernah menonton atau bahkan menggemari film kartun produksi Disney. Semua itu tak lepas dari kreativitas dan kecemerlangan sang pendiri, Walter Elias Disney atau Walt Disney. Walt Disney adalah pelopor dalam dunia animasi. Ia adalah produser, animator, kartunis, sutradara, sekaligus penulis naskah dalam karya-karyanya. Berikut 10 fakta unik dan menarik tentang Walt Disney.

1. Nama belakang Walt Disney sebenarnya bukanlah Disney, melainkan d’ Isigny. Nama ini berasal dari tempat nenek moyangnya di Perancis, Isigny sur Mer.

2. Walt Disney mendapat kehormatan besar ketika gambar dirinya dipasang dalam perangko memorial enam sen Amerika Serikat, yang diterbitkan pada 11September 1968. Sampai saat ini, lebih dari 800 orang terkenal telah ditampilkan pada prangko AS yang meliputi Presiden, tokoh-tokoh sejarah, aktor, aktris, dan produser film.

3. Ada rumor berhembus bahwa tubuh Walt Disney dibekukan di Cryonics Chamber, meskipun semua orang tahu bahwa tubuhnya dikremasi setelah kematiannya.

4. Walt Disney tidak pernah lulus dari sekolah tinggi. Walt meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun. Namun ia mendapat banyak gelar kehormatan dari berbagai universitas bergengsi, seperti Yale dan UCLA.

5. Walt Disney sangat menyukai kereta api. Ia menghabiskan waktu luangnya untuk membangun mainan kereta api. Ia pernah membuat konstruksi kereta api berskala 1:8 di halaman rumahnya dan diberi nama Lilly Belle. Kereta itu sekarang dipindahkan ke Main Street Station di Disneyland.

Walt lily belle

6. Walt Disney lahir di Chicago, Illinois, pada tanggal 5 Desember 1901 dan meninggal dunia pada 15 Desember 1966 karena kanker paru-paru. Penyakit ini disebabkan kebiasaan merokoknya selama bertahun-tahun.

7. Walt Disney dan saudaranya membelikan sebuah rumah untuk orang tua mereka di Los Angeles setelah mereka memulai perusahaannya. Tapi sayangnya Ibu Disney meninggal di rumah itu karena keracunan karbon monoksida.

8. Walt Disney sangat menggemari cabai dengan kacang-kacangan, jus tomat dan cracker untuk makan siang.

9. Walt Disney dianugerahi gelar Academy Award khusus pada tahun 1932 atas penciptaan karakter Mickey Mouse, yang diikuti Goofy, Donald Duck, Pluto, dan sejumlah karakter lainnya.

10. Sepanjang karirnya selama 43 tahun, Walt Disney telah dinominasikan Oscar sebanyak 64 kali dan memenangkan Oscar sebanyak 32 kali. Ia juga memenangkan 7 Emmy Award, 48 Academy Award, Perancis Legion of Honor, Presidential Medal of Freedom, dan banyak penghargaan lain atas karya-karya besarnya.

Komentar Anda