Sekilas Tentang Festival Diwali di India

perayaan DiwaliDiwali adalah festival utama para pemeluk agama Hindu. Di India, perayaan Diwali dijadikan hari libur nasional. Diwali berlangsung dari dua sampai lima hari, tergantung pada adat setempat. Diwali jatuh selama bulan Hindu Kartika (Oktober-November).

Nama Diwali berasal dari kata India kuno yang berarti deretan lampu. Selama festival, orang-orang menghias rumah dan kuil-kuil mereka dengan lampu-lampu kecil yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Mereka juga dapat mengunjungi satu sama lain dan saling bertukar hadiah.

Diwali biasanya ditujukan untuk menghormati Lakshmi, dewi kekayaan orang Hindu. Diwali juga menandai kembalinya Rama, pahlawan dalam epos India kuno Ramayana, ke kota kelahirannya setelah pergi selama 14 tahun. Di Bengal Barat, Diwali dihubungkan dengan Kali, dewi kehancuran Hindu.

Festival Diwali

Pengikut agama Sikh juga merayakan Diwali. Orang Sikh merayakan hari ini untuk menghormati Guru Hargobind, seorang pemimpin spiritual Sikh yang sangat penting. Diwali menandai hari saat ia dibebaskan dari penjara pada tahun 1619 oleh penguasa kerajaan India kuno.

Komentar Anda