10 Fakta Paling Mengherankan Tentang Kecoa

Loading...

6. Kecoa mendapatkan vitamin dari bakteri yang hidup di tubuh mereka

Selama jutaan tahun, kecoa telah melakukan hubungan simbiosis dengan bakteri khusus dalam tubuh mereka sendiri. Bakteri tersebut hidup dalam sel khusus yang disebut mycetocytes dan diwariskan kepada generasi baru kecoa oleh induk mereka. Sebagai imbalan atas kehidupan yang relatif nyaman di dalam jaringan lemak kecoa, bakteri memproduksi semua vitamin dan asam amino yang dibutuhkan kecoa untuk hidup. Kerjasama ini memungkinkan kecoa untuk makan apa saja yang ditemukan tanpa memperhatikan kurangnya nilai gizi.

Kecoa 2

7. Kecoa bisa hidup selama berminggu-minggu tanpa kepala

Fakta ini memang gila. Para ahli entomologi benar-benar memenggal kepala kecoa untuk mempelajari fenomena ini. Tanpa kepala, kecoa masih dapat menanggapi rangsangan dengan menggeliatkan kakinya hingga satu atau dua minggu. Mengapa? Karena kepala kecoa bukanlah organ terpenting untuk fungsi kecoa. Kecoa memiliki sistem peredaran darah terbuka, sehingga selama luka membeku secara normal, mereka tidak rentan terhadap pendarahan. Respirasi mereka terjadi melalui spirakel di sepanjang sisi tubuh. Dan mereka bisa bertahan hidup tanpa makan selama berminggu-minggu. Akhirnya, kecoa akan dehidrasi dan mati.

8. Kecoa adalah pelari yang cepat

Loading...

Siapapun yang rumahnya dihuni kecoa akan memberitahu Anda seberapa cepat mereka bergegas mencari perlindungan ketika Anda menyalakan lampu. Namun cepat di sini adalah cepat yang terukur. Kecoa mendeteksi ancaman yang mendekat dengan merasakan perubahan arus udara. Waktu tercepat bagi kecoa untuk mulai kabur adalah 8,2 milidetik setelah merasakan embusan udara pada bagian belakangnya. Setelah semua enam kakinya bergerak, kecoa dapat berlari dengan kecepatan 80 cm per detik. Dan mereka juga mengagumkan karena mampu mengubah arah lari secara mendadak saat dalam kecepatan penuh.

9. Kecoa di daerah tropis ukurannya besar

Jika seekor kecoa muncul di dapur Anda, Anda mungkin menganggapnya besar. Tapi Anda cukup beruntung karena sebagian besar kecoa domestik tidak berukuran raksasa seperti sepupu tropis mereka. Megaloblatta longipennis memiliki lebar sayap 18 cm. Kecoa badak Australia (Macropanesthia rhinoceros) beratnya lumayan besar, 33,5 gram. Kecoa gua raksasa, Blaberus giganteus, panjangnya 10 cm pada saat dewasa. Apakah Anda senang kecoa-kecoa ini tidak berlari-lari di dapur Anda?

10. Kecoa bisa ngiler

Fisiolog Rusia, Ivan Pavlov, pertama kali mendokumentasikan konsep pengondisian klasik, yang terkenal ditunjukkan oleh anjing-anjingnya yang berair liur. Anjing-anjing itu akan mendengar metronom berdetak setiap kali mereka makan. Segera, suara metronom saja sudah cukup untuk membuat anjing mengeluarkan air liur untuk menunggu makan. Makoto Mizunami dan rekannya Hidehiro Watanabe, keduanya dari Tohoku University, menemukan kecoa juga bisa dikondisikan dengan cara ini. Mereka memperkenalkan aroma vanili atau peppermint sebelum memberikan manisan pada kecoa. Akhirnya, kecoa akan ngiler ketika antena mereka mendeteksi salah satu aroma tersebut di udara.

Loading...

Komentar Anda