10 Makanan Jepang Paling Populer di Dunia

Loading...

5. Ramen

Ramen

Ramen adalah masakan Jepang yang sangat digemari di seluruh dunia. Bahkan di Jepang sendiri, ramen dikenal sebagai salah satu makanan yang paling populer. Ramen biasanya bisa ditemukan di warung ramen sebagai makanan ringan bagi mahasiswa atau pekerja kantor sepulang kuliah atau kerja. Warung ramen itu sendiri memiliki kekhasan hidup masyarakat Jepang yang tinggi.

Ramen disajikan dalam mangkuk besar, dengan sup ramen dan berbagai topping di atasnya seperti ikan berbentuk melingkar (naruto), telur rebus, dan sayuran. Makanan ini sangat lezat untuk dimakan pada malam yang dingin.

4. Okonomiyaki

Okonomiyaki

Okonomiyaki merupakan makanan tradisional dari Osaka yang sangat terkenal. Dalam bahasa Jepang, Okonomiyaki berarti “panggang apapun yang kau suka”. Hidangan berselera tinggi ini biasa disajikan untuk disantap bersama teman, kerabat, dan saudara. Konsep Okonomiyaki sebenarnya cukup sederhana, yaitu telur dadar dicampur dengan bahan-bahan favorit, seperti daging sapi, ayam, seafood, dan sayuran.

Selain memiliki rasa yang kaya, Okonomiyaki juga memiliki kandungan gizi yang tinggi karena di dalamnya ada banyak sayuran seperti kubis dan wortel yang diiris kecil-kecil. Makanan ini akan lebih lezat jika disajikan bersama dengan segelas sake (minuman beralkohol tradisional Jepang) atau teh Jepang.

3. Takoyaki

Takoyaki

Loading...

Takoyaki adalah contoh lain dari masakan Jepang paling populer di dunia yang berasal dari Osaka. Takoyaki juga dikenal sebagai “makanan jalanan” paling disukai di Jepang. Di hampir setiap acara festival, pameran, atau konser outdoor, penjual Takoyaki bisa ditemukan dengan mudah bersama gerobak mereka yang berbentuk unik. Takoyaki juga memiliki aroma yang sangat lezat sehingga membuat setiap orang tertarik membelinya.

Takoyaki terbuat dari daging cumi-cumi yang dibentuk seperti bakso, kemudian dipanggang. Bagian luar Takoyaki terlihat renyah dan gurih, sementara bagian dalamnya lembut, sedikit berair, dan kaya rasa. Takoyaki dapat disebut sebagai salah satu masakan Jepang paling nikmat.

2. Tonkatsu

Tonkatsu

Tonkatsu disebut sebagai “Hidangan Kerajaan” karena kelezatannya yang luar biasa. Tonkatsu terbuat dari daging babi yang digoreng lama (deep-fried) sampai warnanya berubah menjadi cokelat muda, keemasan, dan terlihat sangat renyah. Bukan hanya dari daging babi, kini Tonkatsu juga bisa dibuat dari daging sapi dan daging ayam.

Setelah digoreng dengan baik, Tonkatsu disajikan bersama parutan lobak, plum, acar Jepang, dan saus khusus yang semakin menambah cita rasa Tonkatsu. Tonkatsu biasanya dimakan dengan nasi kari, sehingga kenikmatan makanan ini menjadi berlipat-lipat. Tonkatsu juga bisa dijadikan isian sandwich (katsu sando).

1. Sushi

Sushi

Tak diragukan lagi, sushi adalah hidangan Jepang paling populer dan paling lezat. Makanan ini juga tercantum dalam daftar 10 makanan paling lezat di dunia. Hal ini tidak hanya karena Sushi memiliki rasa yang berselera, tetapi juga kandungan gizinya yang sangat tinggi yang bisa menyehatkan otak.

Sushi sebenarnya adalah hidangan sederhana. Daging ikan segar (biasanya salmon) diiris tipis dan ditaruh di atas sebagian kecil nasi. Sushi biasanya disajikan dengan saus khusus dan harus dimakan dalam sekali suapan. Ada berbagai jenis sushi yang dapat ditemukan di Jepang, harganyapun juga berbeda tergantung kualitasnya. Jika Anda mengunjungi Jepang, sushi adalah makanan wajib untuk dinikmati di sebuah restoran sushi tradisional di mana sushi akan disusun di depan Anda oleh koki dan disajikan pada ban yang berjalan melingkar.

Loading...

0 thoughts on “10 Makanan Jepang Paling Populer di Dunia

  • 11/05/2014 at 8:34 pm
    Permalink

    Kayaknya sushi wajib jadi menu sehari-hari, selain enak juga bisa membuat pintar 🙂

    Reply

Komentar Anda