Google Allo Ditutup di Tahun 2019, Berikut 6 Faktanya

Beberapa dari kita mungkin pernah menggunakan Google Allo, aplikasi pesan singkat dari Google yang dirilis pada tanggal 18 Mei 2016. Namun Google baru-baru ini mengumumkan di website resmi mereka bahwa mereka akan menutup layanan ini. Meski ditutup, pengguna Google Allo masih bisa menggunakannya sampai bulan Maret 2019.

Aplikasi Google Allo

Berikut fakta-fakta tentang penutupan aplikasi Google Allo.

1. Segera unduh data Anda

Menyusul penutupan layanan ini, Google menyarankan pengguna untuk mendownload semua data berupa chat-chat penting dari aplikasi itu agar tak hilang. Google menjelaskan langkah-langkahnya di laman resmi mereka.

2. Pindah ke aplikasi Messages

Google menjelaskan bahwa pihaknya sudah menghentikan investasi di aplikasi Google Allo dan mereka akan menghadirkan beberapa fitur andalan Allo ke layanan pesan terbaru mereka, Messages. Google akan mengembangkan Messages untuk SMS, MMS, dan chatting di platform mereka, Android.

Loading...

3. Tentang Messages

Messages adalah aplikasi resmi Google untuk perpesanan, yang meliputi texting (SMS, MMS) dan chatting (RCS). Aplikasi ini akan mengcover segala kebutuhan untuk komunikasi. Mengusung konsep “Rich Communication Service,” Messages akan menghadirkan beragam fitur menarik mulai dari grup obrolan, GIF, video, audio, dan sticker.

Baca Juga:  Kelemahan Terbesar Samsung Galaxy S III Mini

4. Kendala di Messages

Messages bukannya tanpa cela. Masih banyak hal yang perlu dibenahi Google jika mereka ingin menantang dominasi WhatsApp. Messages masih mempunyai kelemahan di bidang stabilitas dan bug, namun Google berjanji akan terus memperbaiki aplikasinya ini.

5. Google Duo

Akhir-akhir ini Google juga semakin masif mempromosikan Google Duo, layanan untuk panggilan video yang diklaim lebih jernih dari aplikasi sejenisnya. Duo dulu dirilis berbarengan dengan Allo, namun Duo ternyata lebih potensial dibanding Allo dalam secara bisnis. Google mengklaim bahwa Duo kini sedang berkembang pesat di platform Android dan iOS.

6. Senasib dengan Hangouts

Allo tak sendiri. Hangouts, aplikasi komunikasi yang mencakup pesan instan, percakapan video, SMS, dan fitur VOIP, kabarnya juga akan ditutup Google pada tahun 2020 mendatang. Namun sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari Google. Dalam blognya, Google hanya menekankan bahwa Hangouts akan lebih fokus menggarap pasar enterprise melalui fitur andalannya, yakni Hangouts Chat dan Hangouts Meet.

Baca Juga:  Mengulas Nokia X - Kelebihan dan Kekurangan

Apakah kalian termasuk salah satu pengguna Google Allo?

Loading...

Komentar Anda