5 Kuliner Pedas Khas Indonesia, dari Ayam Betutu Sampai Rujak Cingur

Orang Indonesia memang penyuka pedas, jadi tak heran di sini makanan pedas berkembang sedemikian rupa. Apalagi di negara tropis seperti Indonesia cabai sangat mudah tumbuh dan bumbu rempah tersedia di mana-mana, jadi makanan pedas pun sangat mudah dibuat. Beberapa makanan pedas khas Nusantara ini tak cuma kondang di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Mau tahu jenis kuliner pedas Indonesia yang paling terkenal? Berikut enam di antaranya.

1. Ayam betutu

Kuliner Pedas Ayam Betutu

Sajian ayam betutu berasal dari Gilimanuk, Bali. Karena berasal dari Bali, makanan ini pun dengan cepat menjadi makanan favorit wisatawan mancanegara. Ayam betutu dibuat dengan berbagai bahan rempah, meliputi cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit, jahe lengkuas, dan lainnya. Untuk membuatnya makin pedas, ayam betutu biasanya disajikan dengan sambal matah yang juga terkenal sangat pedas.

2. Ayam rica rica

Kuliner Pedas Ayam rica rica

Orang Manado boleh berbangga sebab salah satu kuliner mereka, ayam rica rica, sudah sangat terkenal di Indonesia. Makanan satu ini selain pedas juga beraroma harum karena adanya daun kemangi. Bumbu rica rica terdiri atas cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, serta jahe. Dan selain ayam, ada pula daging dan ikan rica rica bercita rasa tinggi.

Baca Juga:  Profil Komposer Besar Rusia, Alexander Borodin

3. Rujak cingur

Loading...

Kuliner Pedas Rujak cingur

Kalau berkunjung ke Jawa Timur, belum lengkap rasanya bila belum mencicipi rujak cingur, kuliner sayur mayor berbumbu kacang nan lezat. Makanan ini banyak ditemukan di daerah Surabaya dan Malang. Aromanya sangat khas. Cingur (hidung sapi) dipotong kecil-kecil dan dicampur irisan tempe, taoge, kangkung, tahu, menjes, dan lainnya lalu disiram bumbu kacang dan petis atau bumbu rujak yang kental. Yang pasti, rujak cingur paling nikmat bila disajikan pedas.

4. Seblak

Kuliner Pedas Seblak

Dari Jawa Barat kita mengenal seblak, kuliner khas super pedas yang kini sudah menjamur di berbagai kota di Indonesia. Makanan ini paling populer di kalangan anak muda. Makanan gurih pedas ini dibuat dari kerupuk basah yang diolah dengan telur dan sayuran. Banyak pula yang mencampurkan daging ayam atau daging sapi ke dalamnya.

5. Oseng-oseng mercon

Kuliner Pedas Oseng-oseng mercon

Dinamai oseng-oseng mercon karena makanan ini seolah bisa ‘meledak’ di mulut seperti mercon (petasan) saking pedasnya. Oseng-oseng mercon banyak dijual di berbagai kota di Jawa Timur dan wilayah Jogjakarta. Campuran daging dan lemak sapi diolah sedemikian rupa dengan bumbu rempah dan cabai untuk membuat makanan populer ini. Tapi berani coba nggak? Rasanya benar-benar super hot!

Baca Juga:  Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 16 April
Loading...

Komentar Anda