Apel dan 6 Makanan Ini Lebih Sehat Dimakan Mentah Ketimbang Matang

Buah dan sayuran adalah makanan sehat, tapi kebanyakan perlu dimasak dulu sebelum dimakan. Memasak bisa menghilangkan bakteri-bakteri merugikan, tapi kadang juga dianggap menurunkan nilai gizinya. Nah, beberapa jenis buah dan sayuran ada yang lebih sehat bila dimakan mentah. Apa saja contohnya? Simak yuk ulasannya!

1. Apel

Gambar Buah Apel

Apel paling enak dimakan langsung. Buah ini hanya perlu dibilas kulit luarnya agar tak ada kotoran yang menempel. Diyakini kandungan gizi apel akan turun bila dimasak. Apalagi apel yang dimasak akan meningkat kadar gula dan karbohidratnya. Hal itu tentu saja kurang bagus untuk kesehatan.

2. Paprika

Gambar Paprika

Kalau kamu suka memasak paprika, sebaiknya kamu tahu bahwa memasak paprika di suhu yang terlalu tinggi bisa melenyapkan kandungan vitamin C-nya. Selain itu, memasak paprika juga akan menurunkan kandungan vitamin B6 dan E-nya. Wah sayang-sayang ya!

3. Kelapa

Gambar Kelapa

Memiliki daging dan air yang kaya elektrolit, kelapa sebaiknya dimakan atau diminum langsung karena cara itu lebih sehat. Nutrisi di dalamnya bisa diserap tubuh secara maksimal. Untuk keperluan memasak, kelapa biasanya diparut atau diambil santannya.

Baca Juga:  Efek Kemoterapi pada Sistem Peredaran Darah dan Imun

4. Brokoli

Gambar Brokoli

Loading...

Berikutnya ada brokoli, sayuran yang kini semakin populer di masyarakat. Kandungan vitamin C, kalsium, dan sulforaphanenya amat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Namun memasak brokoli bisa menurunkan kadar sulforaphanenya hingga 70%, jadi brokoli sebaiknya dimakan mentah setelah dicuci.

5. Jambu merah

Gambar Jambu Merah

Jambu merah bisa diolah menjadi berbagai makanan, misalnya puding atau pie. Tapi buah satu ini lebih baik dimakan dalam kondisi mentah agar nutrisinya utuh. Buah ini mengandung vitamin C dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melawan radikal bebas.

6. Kacang-kacangan

Gambar Kacang

Lalu ada kacang-kacangan, bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Namun sebaiknya kacang-kacangan dimakan langsung agar penyerapan nutrisinya bisa maksimal. Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi seperti magnesium, zat besi, hingga lemak sehat.

7. Taoge

Gambar Taoge

Taoge atau kecambah seringkali ditumis atau direbus, tapi bila ingin mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal, taoge lebih baik dimakan langsung. Proteinnya sangat tinggi dan bermanfaat untuk membentuk otot. Dan jangan lupa, taoge juga kaya akan vitamin C.

Baca Juga:  Setiap Hari Enam Orang Tewas Karena Keracunan Alkohol

Nah sekarang kalian sudah tahu kan sayur dan buah apa saja yang sebaiknya dimakan langsung?

Loading...

Komentar Anda