Inilah List Makanan Paling Greget di Indonesia, Termasuk Daging Buaya!

Setiap negara punya jenis makanan paling gereget atau ekstrim. Ekstrim artinya makanan tersebut sangat tak biasa, aneh, dan bahkan bisa dianggap menjijikkan. Makanan ekstrim ini tak bisa ditemukan di tempat lain. Indonesia sebagai negara tropis dengan kekayaan alam melimpah tentunya punya banyak sekali jenis kuliner ekstrim. Namun agar tak panjang-panjang, berikut adalah beberapa contoh makanan Nusantara paling tak umum.

Berani coba nggak nih?

1. Daging kelelawar

Daging kelelawar

Kelelawar biasanya muncul di malam hari dan suka sekali memakan buah-buahan di pepohonan, terutama buah mangga. Nah di Manado, Sulawesi Utara, hewan satu ini dimakan lho guys. Di Pasar Tomohon yang terkenal karena keekstrimannya itu, daging kelelawar banyak dijual.

2. Daging buaya

Sate Buaya

Bukan roti buaya, ini adalah kuliner super ekstrim daging buaya asli yang dikonsumsi di beberapa tempat di Indonesia, termasuk di kota-kota besar. Konon rasanya empuk dan lembut. Daging buaya penangkaran biasa dijadikan sate dan rica-rica. Namun kini daging buaya difatwa haram oleh MUI.

Baca Juga:  Fakta-fakta Seru Tentang Oreo, Cookie Terlaris di Dunia

3. Sate biawak

Sate biawak

Tak jauh beda dengan buaya, biawak juga biasa ditangkap dan dikonsumsi oleh orang di Indonesia. Konon reptil satu ini bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal. Daging biawak disajikan dalam bentuk sate lengkap dengan bumbu kacang dan kecap. Nggak jauh beda dengan sate ayam deh.

4. Tikus panggang

Tikus Panggang Minahasa

Loading...

Wah bagi kebanyakan orang kuliner satu ini pasti amat sangat menjijikkan. Namun di Minahasa tikus panggang ini sangat populer lho. Tikus ini bukan tikus rumahan yang hitam dan kotor, tapi tikus hutan yang memakan makanan alami. Jadi mungkin tak semenjijikkan tikus got di kampung.

5. Ulat sagu panggang

Ulat sagu panggang

Suku Kamoro yang tinggal di wilayah pesisir selatan Papua punya satu kuliner menarik, yaitu ulat sagu panggang. Layaknya sate, ulat-ulat gemuk ini ditusuk dan dipanggang di atas arang. Kabarnya, makanan ini punya nilai gizi yang tinggi dan bisa jadi obat kuat.

6. Jus cacing tanah

Jus cacing tanah

Cacing tanah mungkin terlihat menggelikan dan menjijikkan, tapi hewan kecil nan panjang ini kaya akan protein sehingga bisa dijadikan pakan hewan peliharaan. Beberapa kalangan mengejus cacing tanah karena diyakini bisa mengobati tifus dan meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga:  Sejarah Perpolitikan Rusia dari Tahun ke Tahun

7. Ular kobra

Ular kobra

Kebanyakan dari kita menghindari pertemuan dengan ular kobra karena bisanya yang mematikan. Tapi tahukah kalian ular satu ini diburu untuk diambil daging, empedu, sumsum tulang belakang, dan bahkan darahnya. Banyak sekali manfaat kesehatan dari ular berbahaya ini.

8. Sate ulat bulu

Sate ulat bulu

Ulat bulu biasanya menjadi hama tanaman, tapi di beberapa daerah seperti Purworejo, Jawa Tengah, hewan satu ini dimakan juga sebagai cemilan. Ulat bulu biasa disate dan diyakini bisa menyembuhkan sakit gigi. Selain disate, ulat bulu juga bisa langsung digoreng. Proteinnya tinggi dan tidak beracun, tapi apa kalian bisa menelannya?

Loading...

Komentar Anda