6 Jenis Kuliner Mie dari Korea Selatan Paling Populer

Selain terkenal karena K-Drama dan K-Pop, Korea Selatan juga terkenal karena sajian kulinernya yang lezat. Dalam berbagai acara TV Korea kita sering melihat bermacam makanan enak yang disajikan, salah satunya mie. Ya, sebagai salah satu negara dari kawasan Asia Timur, Korsel juga punya banyak jenis mie yang konon tak hanya nikmat, tapi juga sehat. Mie-mie itu selain dimakan di hari-hari biasa kadang juga dikonsumsi saat perayaan tertentu, misalnya pernikahan.

Nah inilah jenis mie paling populer di Negeri Ginseng yang perlu kamu cicipi suatu hari nanti.

1. Ramyun

Mie ala Korea Ramyun

Mie ramyun pasti kalian sudah sering mendengarnya kan? Mie ini bahkan sudah biasa dikonsumsi orang Indonesia lho. Ramyun awalnya berasal dari Tiongkok dan kemudian diperkenalkan ke Jepang pada masa restorasi Meiji (1868 – 1912). Seiring waktu, ramyun mulai masuk ke Korea Selatan pada tahun 60-an dan kini sudah jadi makanan yang populer di sana. Ramyun punya ciri khas pedas dengan bumbu yang bercita rasa tinggi.

Baca Juga:  20 Fakta Unik Tentang China

2. Kalguksu

Mie ala Korea Kalguksu

Mie unik yang satu ini biasa dikonsumsi saat musim panas karena mampu menghangatkan tubuh. Ini lantaran ketika cuaca panas kita biasanya mengonsumsi makanan atau minuman dingin sehingga suhu tubuh menurun, lama kelamaan bisa sakit. Karena itulah mie kalguksu jadi hidangan yang populer di musim panas. Mie ini punya beberapa versi, seperti naengkongkuksu dan makkuksu. Kadang juga diberi suwiran ayam dan daun bawang.

3. Naengmyeon

Mie ala Korea Naengmyeon

Kalau yang satu ini adalah mie jenis dingin yang mungkin terasa aneh di lidah orang non Korea. Mie ini biasa dimakan dalam kondisi dingin di musim panas yang menyengat. Bahan-bahannya terdiri atas adonan tepung kentang dan tepung soba yang kemudian dipotong tipis panjang seperti mie lalu direbus. Setelah matang, mie dicampur dengan kaldu ayam dingin. Hmm, gimana ya rasanya?

Loading...

4. Budae Jjigae

Mie ala Korea Budae Jjigae

Budae Jjigae sebenarnya bukanlah mie ‘murni’ karena ini sebenarnya adalah jjigae alias stew. Mie adalah salah satu penyusunnya, yaitu mie ramyun, yang dicampur dengan berbagai bahan lain seperti makaroni beef luncheon, tahu sutra, sosis sapi, dan berbagai jenis sayuran segar lainnya. Semua bahan itu dicampurkan ke dalam sup berbumbu gochujang dan kimchi. Makanan ini masuk ke Korea Selatan pada tahun 50-an ketika terjadi kelangkaan bahan makanan di sana.

Baca Juga:  Siapakah Penemu Keyboard Piano?

5. Jajangmyeon

Mie ala Korea Jajangmyeon

Dilihat dari bentuknya, jajangmyeon sungguh menggugah selera. Mie tebal ini dibuat dengan bumbu kacang hitam dan diberi sayuran. Makanan ini dibawa imigran China ke kota Incheon dan dari sanalah jajangmyeon semakin banyak dikonsumsi orang. Terkadang jajangmyeon dikonsumsi di hari Black Day pada tanggal 14 April di mana para jomblo akan menyantapnya sambil berpakaian serba hitam yang melambangkan putus cinta dan kesedihan. Ngenes nih!

6. Makguksu

Mie ala Korea Makguksu

Makguksu adalah mie yang paling populer di daerah Gangwon-do dan bisa pula ditemukan di Chuncheon. Mie yang terbuat dari tepung gandum ini sebenarnya adalah mie soba dingin yang lezat. Untuk membuatnya makin bercita rasa, berbagai bahan lain dicampurkan, meliputi kaldu, gula, mustard, minyak wijen atau cuka. Tak lupa potongan telur matang pun ditaruh di atasnya.

Nah itulah beberapa jenis mie paling populer di Korea Selatan. Kamu pasti jadi ingin mencobanya, bukan?

Loading...

Komentar Anda