5 Lagu Mendiang Jonghyun Terbaik dan Terpopuler

Kim Jonghyun SHINee memang sudah tiada, namun karya-karyanya akan selalu menghiasi dunia musik K-Pop sampai kapanpun. Penyanyi dan penulis lagu asal Hwayang-dong, Distrik Gwangjin ini adalah contoh seorang idol pekerja keras dan penuh dedikasi dalam menciptakan karya-karya berkualitas di sepanjang hayatnya. Jonghyun sudah membuktikan bahwa dirinya layak berada di tempat tertinggi dalam kasta idol K-Pop meski pada akhirnya dia sendiri menyerah dan memilih mengakhiri hidupnya.

Jonghyun

Jonghyun punya reputasi hebat sebagai idol SM Entertainment pertama yang mampu menulis dan mengaransemen lagu meski SM dikenal sebagai agensi yang suka membatasi kontrol artis terhadap produksi lagu atau albumnya. Di sepanjang karirnya, Jonghyun telah menyanyikan dan menciptakan banyak sekali lagu, dan lima lagu inilah yang rasanya paling wajib kita apresiasi.

1. “Lonely”

Benyanyi bersama sahabatnya, Taeyeon SNSD, lagu dari album Story Op.1 ini amat emosional karena bercerita tentang kesendirian. Sepeninggal Jonghyun, penjualan online “Lonely” merangsek ke puncak di Korea Selatan dan kembali masuk ke Gaon Digital Chart di urutan teratas.

2. “End of a Day”

Dalam season kedua The Man Who Composes, “End of a Day” pertama kali disiarkan pada tanggal 10 November 2014. Jonghyun menulis lagu ini berdasarkan perasaannya saat pulang ke rumah setelah bekerja seharian. Dia terinspirasi menulis lagu ini melalui anjing peliharaannya, Byulroo.

3. “Déjà-Boo”

Menampilkan Zion.T, lagu ini merupakan bagian dari EP perdananya, Base. Jonghyun menyebut lagu funky retro ini sempurna untuk memotret warna dan style musikalnya. Dia secara pribadi menyukai lagu ini dan karena itulah dia menjadikannya sebagai salah satu single utama.

4. “She Is”

Lagu ini diciptakan sendiri oleh Jonghyun, baik lirik maupun musiknya, sedangkan aransemennya digarap oleh Philtre. Ini merupakan lagu utama dari album studio pertama Jonghyun, She Is. Lagu ini berhasil menang penghargaan di acara The Show (SBS MTV) dan Show Champion (MBC Music).

5. “Crazy (Guilty Pleasure)”

Lagu upbeat ini dinyanyikan Jonghyun bersama Iron sebagai rapper dan dirilis pada tahun 2015 sebagai bagian dari album Base. Jonghyun dan Iron juga berkolaborasi menggarap liriknya. MV lagu ini sangat populer dan menjadi video K-Pop paling banyak ditonton di kawasan Amerika dan dunia pada Januari 2015 menurut Billboard.

Komentar Anda