10 Fakta Menarik Seputar Namie Amuro – Penyanyi Legendaris Jepang

Namie Amuro adalah penyanyi, artis rekaman, dancer, sekaligus aktris dan pengusaha asal Jepang yang menjadi figur terkemuka di industri hiburan Jepang sejak awal 90-an. Wanita kelahiran 20 September 1977 ini dikenal karena keberaniannya mendobrak stereotype idol muda dengan eksperimennya terhadap berbagai style musik di dunia Jepang dan Barat serta eksplorasinya terhadap pencitraan visual dalam video musik dan aksi panggung.

Profil Namie Amuro

Berikut fakta-fakta unik seputar Namie Amuro.

1. Karena karir panjangnya yang penuh kesuksesan, Namie Amuro sering disebut sebagai Ratu Pop Jepang. Dia juga kerap disejajarkan dengan para musisi barat paling terkemuka seperti Madonna dan Janet Jackson.

2. Amuro sudah debut ke dunia entertainment sejak umur 14 tahun, tepatnya ketika dia bergabung dengan band Super Monkey’s sebagai penyanyi.

3. Meski penjualan album Super Monkey’s lesu di awal, Amuro tak berkecil hati. Dia menjajal dunia modeling dan akting lalu menarik perhatian domestik dengan single laris band itu, “Try Me (Watashi o Shinjite).”

4. Pada tahun 1995, wanita asal Naha, Okinawa ini bergabung dengan label rekaman Avex Trax dan debut sebagai penyanyi solo dengan single “Body Feels Exit.”

5. Setelah mencatatkan rekor penjualan dua juta kopi lewat album Sweet 19 Blues (1996) dan Concentration 20 (1997), pada tahun 1997 Amuro merilis single “Can You Celebrate?” yang menjadi single solo artis wanita terlaris dalam sejarah musik Jepang.

Namie Amuro

6. Sejak tahun 1999, dia bekerjasama dengan musisi dan produser internasional untuk rekaman-rekamannya, yang pertama adalah Genius 2000 (2000).

7. Karir Amuro tak selalu menanjak. Pada pertengahan dekade 2000-an penjualan single dan albumnya mulai melorot meski kritikus mencatat evolusinya dari pop ke R&B.

8. Di tahun 2007, album studio kedelapan Amuro yang berjudul Play menjadi titik balik dalam karirnya yang menurun. Album tersebut diterima luas dan Amuro pun mengubah haluannya menuju musik dance elektronik dan berbahasa Inggris yang ditandai dengan rilisan-rilisan berikutnya, yaitu Uncontrolled (2012) dan Feel (2013).

9. Pada 20 September 2017, tepat di ulang tahunnya yang ke-40, Amuro mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari industri musik dan akan merilis album ke-12 sekaligus album terakhirnya, kompilasi lagu terbaik berjudul Finally, pada 8 November 2017, yang juga mengandung beberapa lagu baru.

10. Di sepanjang karirnya, Amuro total telah menjual lebih dari 35 juta rekaman di Jepang saja sehingga oleh Oricon dia disebut sebagai salah satu artis terlaris sepanjang masa di Jepang. Dia telah mengoleksi berbagai penghargaan bergengsi dari World Music Awards, Japan Record Awards, Japan Gold Disc Awards, dan lain sebagainya.

Komentar Anda