Fakta-fakta Menarik Seputar One Ok Rock – Band J-Rock

One Ok Rock adalah band Jepang beraliran rock yang dibentuk di Tokyo pada tahun 2005. Band ini terdiri atas empat orang personil, yaitu Takahiro Moriuchi (vokal), Toru Yamashita (gitaris/leader), Ryota Kohama (bas), dan Tomoya Kanki (drum). Di sepanjang karirnya, mereka telah mengeksplorasi banyak style musik rock, dari alternative rock, emo, post-hardcore, sampai pop rock.

One Ok Rock

Berikut fakta-fakta tentang One Ok Rock yang perlu kalian tahu.

# Nama band ini, One Ok Rock, berasal dari kalimat “one o’clock” alias pukul satu tepat, yaitu waktu ketika band ini berlatih di akhir pekan. Mereka memilih berlatih pada pukul satu dini hari karena harga sewa studio lebih murah. Namun karena dalam bahasa Jepang huruf L dan R tidak ada bedanya, maka mereka mengubah “O’CLOCK” menjadi “O’CROCK” (atau “O’KROCK”), yang kemudian dipisah menjadi “OK ROCK.”

# Band ini terinfluence band-band rock dunia seperti Linkin Park, Foo Fighters, Good Charlotte, dan Ellegarden. Pengaruh Good Charlotte bisa terdengar di album debut mereka, Zeitakubyō. Sedangkan pengaruh Foo Fighters bisa dirasakan di album kedua dan ketiga, Beam of Light dan Kanjō Effect.

# Di album keenam, Jinsei×Boku=, One Ok Rock mengakui bahwa mereka terinfluence screaming dan yell-rapping dari Linkin Park dan Coldrain.

One Ok Rock2

# Kiprah band ini dimulai ketika Toru Yamashita yang masih SMA ingin mendirikan sebuah band. Dia meminta Ryota Kohama, rekan anggota grup dance hip hop Heads, untuk belajar bermain bas dan mengajak kakak kelas mereka, Alex Onizawa, untuk bergabung. Teman sekelas Toru, Yu Koyanagi, juga diajak untuk bermain drum.

# Takahiro Moriuchi saat itu bergabung dengan sebuah band bernama Chivalry of Music, namun dia tidak enjoy di sana. Karena itulah Toru pun mengajaknya menjadi member One Ok Rock.

# Setelah menandatangani kontrak dengan Amuse, Inc., Yu Koyanagi memutuskan keluar untuk fokus ke dunia akting. Selain itu, orangtuanya juga tidak ingin dia mengejar karir musik.

# Lagu debut mereka, “Naihishinsho,” menghuni peringkat ke-48 di chart Orion dan terjual sekitar 15.000 kopi. Ini menjadi awal yang baik bagi mereka.

# Titik terendah dalam karir One Ok Rock terjadi ketika Alex ditahan karena melakukan pelecehan seksual kepada seorang pelajar perempuan di kereta. Sementara itu Ryota ingin berhenti bermain bas dan beralih ke gitar. Mereka enggan menambah member baru, karena itulah mereka melanjutkan kiprah tanpa Alex, yang akhirnya kembali ke Amerika Serikat.

Komentar Anda