5 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi yang Indah dan Bikin Kesengsem

Berada di ujung timur dari Pulau Jawa, Banyuwangi menghadirkan tempat wisata yang menakjubkan. Bahkan, beberapa destinasinya hanya ada satu-satunya di kawasan Asia. Tak pelak, puluhan ribu turis dari mancanegara rela datang jauh-jauh ke sini untuk menikmati kemagisan dari Banyuwangi.

Kalau Anda kebetulan ingin melakukan perjalanan ke Banyuwangi, kunjungi lima destinasi menarik di bawah ini. Tempat pilihan yang akan Anda baca di bawah ini tidak hanya menghadirkan keindahan alam saja, tetapi juga sensasi penjelajahan yang unik dan bikin kesengsem. Sekali melakukan penjelajahan, Anda akan rindu untuk kembali.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen – banyuwangibagus.com

Wisata kawah mungkin bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia seperti Bromo. Namun, Kawah Ijen yang ada di Banyuwangi sedikit berbeda dengan yang lain. Kawah ini memiliki cahaya biru saat dini hari atau sering disebut sebagai blue fire. Cahaya biru dari fenomena gas belerang tersebut hanya ada dua di dunia, dan salah satunya di sini.

Untuk bisa sampai ke Kawah Ijen, pengunjung harus melakukan perjalanan selama kurang lebih dua jam dari bawah. Perjalanan bisa dilakukan saat tengah malam agar bisa menyaksikan blue fire, atau saat jelang subuh untuk menyaksikan puluhan penambang belerang yang menggotong puluhan kilogram batu ke bawah.

Perjalanan biasanya dilakukan dari Malang. Anda bisa menggunakan kereta api untuk sampai ke Kota Bunga ini, lalu berlanjut dengan mobil menuju Banyuwangi. Di Kota Malang, sudah banyak agensi yang menawarkan paket perjalanan ke Kawah Ijen dengan mudah.

Setelah tiba di Banyuwangi, Anda disarankan untuk menginap semalam sebelum melakukan pendakian. Anda bisa memesan hotel dengan mudah melalui agen travel online seperti Traveloka kereta untuk mendapatkan harga termurah.

2. Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati – teluklove.com

Ingin ke Raja Ampat untuk menyaksikan puluhan pulau unik, tetapi tidak juga kesampaian? Jangan khawatir, di Banyuwangi terdapat Waduk Bajulmati yang kalau dilihat dari jauh mirip sekali dengan miniatur Raja Ampat. Anda bisa melihat gugusan pulau kecil, yang sebenarnya gundukan tanah yang telah ditutupi oleh semak dan rumput.

Waduk Bajulmati dibuka pertama kali pada tahun 2016 lalu. Uniknya, pemandangan waduk yang bergunduk-gunduk dan banyaknya spot untuk berfoto, membuat tempat ini jadi terkenal dan dikunjungi oleh banyak orang.

Kalau Anda ingin datang ke sini, disarankan untuk menggunakan kendaraan sewaan saja setelah turun dari kereta api. Lokasi Waduk Bajulmati terletak tidak jauh dari Taman Nasional Baluran sehingga setelah puas menjelajah di sini, Anda bisa mengunjungi destinasi lain di sekitarnya, seperti Pantai Watudodol dan tentu saja Taman Nasional Baluran itu sendiri.

3. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung – rusurf.com

Selain berangkat dari Malang, Anda juga bisa melakukan perjalanan ke Banyuwangi khususnya Pantai Plengkung dengan turun di Stasiun Banyuwangi. Reservasi tiket kereta api di Traveloka terlebih dahulu untuk mendapatkan waktu perjalanan yang tepat. Usahakan menggunakan kereta api malam agar menghemat bujet untuk menginap.

Setelah sampai di Banyuwangi, Anda bisa segera melanjutkan perjalanan ke Pantai Plengkung atau G-Land. Di pantai ini, Anda bisa melakukan aktivitas seperti bermain air di pinggiran atau berseluncur bersama ombak.

Selama ini Pantai Plengkung atau G-Land dikenal sebagai pantai yang memiliki ombak terbaik di dunia. Salah satu ombaknya sampai dijuluki The Seven Giant Waves Wonder oleh para peselancar mancanegara.

Oh ya, di Pantai Plengkung pengunjung juga bisa belajar berselancar. Ada beberapa sekolah yang bisa mengajari dasar seluncur di ombak. Terakhir, waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Plengkung adalah bulan Juli-September.

4. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade – loveopium.ru

Pantai Sukamade berada di dalam Taman Nasional Meru Betiri. Wisatawan yang ingin datang ke sini disarankan untuk datang saat siang hingga sore hari. Pantai Sukamade tidak sama dengan pantai lain yang dikunjungi ketika pagi. Wisatawan justru melakukan penjelajahan saat malam untuk mencari penyu yang bertelur.

Perjalanan dari pintu masuk Taman Nasional Meru Betiri ke lokasi base camp sekitar 4-5 jam dengan medan yang cukup terjal. Wisatawan harus menumpang jip agar bisa sampai dengan cepat dan selamat.

Oh ya, penjelajahan ke pantai ini tidak bisa dilakukan sendirian saja. Ranger atau penjaga hutan biasanya menemani. Hal ini dilakukan agar pengunjung tidak melakukan hal-hal yang dilarang, seperti menyalakan ponsel atau membuat cahaya. Penyu yang mendarat untuk bertelur biasanya tidak suka dengan cahaya dan juga suara berisik.

5. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk – travel.tribunnews.com

Jawatan Benculuk awalnya bukanlah tempat wisata yang sengaja dibangun untuk masyarakat. Tempat ini sejatinya lokasi penimbunan kayu jati milik Perhutani. Namun, puluhan pon trembesi yang ditumbuhi lumut menciptakan suasana yang magis hingga kerap disamakan dengan lokasi Lord of The Ring.

Di tempat ini, wisatawan tidak hanya bisa berburu foto dengan latar belakang yang menakjubkan saja, melainkan juga menikmati serunya tubing menggunakan ban untuk melintasi sungai jernih yang masih terjaga keasliannya. Wisata tubing ini bisa menjadi alternatif petualangan seru yang menguras adrenalin.

Itulah rekomendasi 5 tempat wisata yang ada di Banyuwangi. Rencanakan perjalanan Anda mulai saat ini juga. Misal, dengan membuat itinerary, memesan tiket kereta api jauh-jauh hari,dan juga menyewa penginapan yang sesuai dengan bujet. Dengan mempersiapkan hal-hal seperti ini, perjalanan Anda bisa berjalan dengan lancar.

Selamat berlibur!!! Jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner juga ya. Banyuwangi menyimpan banyak makanan yang khas dan rasanya bisa bikin Anda semua ketagihan.

Komentar Anda