5 Cara Tak Lazim untuk Menghemat Kuota Internet Android

Kuota Internet

Penggunaan kuota internet (mobile) masih menjadi prioritas banyak orang. Apalagi untuk saat ini Wi-Fi belum banyak digunakan di Indonesia karena jaringan ini hanya terdapat di beberapa tempat tertentu saja.

Kuota internet memiliki batasan tergantung pada paket internet yang dibeli dari suatu provider. Terkadang tanpa disadari kita telah menggunakan kuota internet dengan boros dikarenakan membuka situs-situs yang memerlukan data internet yang tinggi seperti YouTube misalnya.

Kuota yang boros juga merugikan kita karena kita harus mengeluarkan biaya yang besar setiap bulan untuk membeli paket internet. Daripada terus-terusan membeli paketan, alangkah lebih baik kita bisa berhemat dengan cara-cara berikut ini.

1. Gunakan Chatsim

ChatSim merupakan provider internasional yang menciptakan sebuah kartu SIM yang bisa mengakses berbagai media sosial seperti WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat, LINE, Telegram, dan aplikasi lainnya dengan paket perdana yang murah mulai dari 210.000 rupiah saja per tahun.

Selain itu, ChatSim tidak membebankan biaya roaming bila sewaktu-waktu kamu pergi keluar negeri. Paket perdana yang disediakan hanya berupa bebas kuota internet dalam menggunakan berbagai aplikasi. Akan tetapi ChatSim tidak memiliki paket SMS atau telepon.

2. Aplikasi Hemat Kuota Android

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu download di PlayStore yang memiliki manfaat untuk mengontrol segala aktivitas kamu di internet. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi hemat kuota. Aplikasi ini bisa memantau, memberi tahu aplikasi mana saja yang menguras kuota terbanyak, dan secara otomatis akan menonaktifkan aplikasi tersebut untuk sementara waktu.

Ada beberapa aplikasi Android yang sangat direkomendasikan dan layak kamu download, di antaranya Data Usage Monitor, Internet Speed Meter Lite, atau My Data Manager.

Data Internet Murah

3. Pakai Sosial Media ‘Lite’

Ada sebagian aplikasi media sosial memiliki aplikasi versi ‘lite’ di mana penggunaan kuota internet bisa dikurangi sehemat mungkin.

Selain itu, penggunaan aplikasi versi lite lebih ringan dan tidak memerlukan ruang memori dan RAM besar. Ada beberapa aplikasi sosmed yang merilis versi lite, di antaranya Facebook Lite, Line Lite, Twitter Lite, dan Youtube Lite.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Di smartphone yang kamu punya, mungkin ada puluhan aplikasi yang telah kamu pasang. Akan tetapi pastikan aplikasi-aplikasi tersebut benar-benar diperlukan. Jika tidak, lebih baik aplikasi yang jarang terpakai dihapus atau diuninstal saja.

Walaupun jarang digunakan, aplikasi yang menumpuk di smartphone itu dapat menguras kuota internetmu sedikit demi sedikit. Pilih aplikasi yang memang sering kamu buka dan singkiran aplikasi yang menurutmu sudah tidak diperlukan lagi.

5. Gunakan FireChat

FireChat merupakan aplikasi yang menawarkan layanan chatting pada umumnya. Bedanya, FireChat tidak menggunakan koneksi internet, namun memanfaatkan sinyal radio seperti Bluetooth dan Wi-Fi sebagai media pengantar pesan. Untuk menggunakannya, kedua belah pihak atau lebih harus sama-sama memiliki aplikasi FireChat dan memakai OS yang sama pula.

Karena hanya mengandalkan sinyal radio, kita bisa mengirim pesan ke sesama penguna FireChat maksial 70 meter. Tetapi FireChat mengklaim aplikasinya dapat digunakan pada situasi darurat seperti saat terjadi bencana alam yang biasanya dapat mengganggu jaringan telekomunikasi atau bisa juga digunakan di tempat atau daerah low signal.

Itulah lima cara menghemat kuota internet di Android. Kelima tips tersebut bisa kamu gunakan dan manfaatkan supaya kamu tidak perlu lagi merogoh uang yang besar setiap bulannya hanya untuk membeli paketan internet. Selamat mencoba!

Komentar Anda