6 Fitur Gratis Sync Up & Back Up Android yang Perlu Kamu Tahu

AndroidBack

Android punya banyak fitur yang memudahkan penggunanya untuk back up data dan menyinkronkan data antara satu gadget dengan gadget yang lain. Sehingga data dan fitur yang ada di smartphone milik kamu akan selalu tersimpan aman serta bisa sinkron dengan data dan fitur yang ada di desktop, laptop, atau tablet milik kamu.

Berikut beberapa fitur gratis untuk sync up dan back up data di android yang perlu kamu tahu:

1. Google Chrome

Google Chrome

Google Chrome adalah web browser yang mudah diinstal dan mudah disesuaikan. Browser ini memudahkan penggunanya untuk membuka beberapa tab sekaligus, menyimpan bookmark, cek riwayat penjelajahan (history), serta kemudahan untuk login di setiap gadget yang digunakan.

Ya, kamu bisa menggunakan browser Google Chrome di komputer desktop, laptop, tablet, dan smartphone. Selain itu, Google Chrome juga menyediakan sistem keamanan yang baik disertai kecepatan dan kesederhanaan tampilan. Jadi tidak berat dibuka di gadget apapun.

Google Chrome bisa digunakan di Android, Mac/PC, dan iOS.

Baca Juga:  NueVue, Case iPhone 6 Pembunuh Bakteri dan Kuman

2. Google+ Photo Backup

Google+ Photo Backup

Di setiap smartphone berbasis Android sudah disediakan fitur Photo Backup yang berfungsi membackup foto secara otomatis. Setiap kali kamu memotret menggunakan smartphone Android, maka foto ini akan dibackup sekaligus diupload ke Google+ Photo Backup. Pengguna disediakan ruang unlimited untuk backup foto selama resolusi foto yang dibackup adalah 2.048 piksel atau di bawahnya.

Google+ Photo Backup tersedia untuk Android dan iOS, serta bisa dilihat di Mac/PC.

3. Google Drive

Google Drive

Loading...

Google Drive adalah sarana penyimpanan data berbasis cloud di mana penggunanya bisa menyimpan data berupa dokumen, foto, hingga video. Google Drive juga bisa digunakan untuk membuat dokumen serta mengedit dan membagikannya melalui email dan bahkan sosial media.

Google Drive bisa digunakan di Android, iOS, dan Mac/PC.

4. Google Hangouts

Google Hangouts

Google Hangouts merupakan aplikasi chating gratis dari Google, yang bisa digunakan untuk SMS hingga video call. Jika digunakan pada komputer desktop, tersedia juga fitur screen sharing, broadcasting, dan recording. Cocok banget untuk kamu yang ingin melakukan presentasi secara online atau merekam presentasi tersebut lalu membagikan hasil rekamannya di YouTube.

Baca Juga:  Ulasan Tentang Ponsel Huawei Ascend G700

Google Hangouts bisa digunakan di Android, iOS, dan Mac/PC via Chrome.

5. One Note

One Note

Kamu bisa saja berpikir bahwa menyimpan catatan kecil di cloud adalah hal yang tidak perlu. Tapi, kalau kamu tiba-tiba punya ide dan ingin menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau kapan pun dan di mana pun, maka mungkin kamu butuh One Note.

Dengan aplikasi One Note, kamu bisa menciptakan dan mengedit catatan serta bisa diakses di manapun selama ada jaringan internet.

One Note bisa digunakan pada Android, iOS, Mac/PC, dan Windows Phone.

6. BitTorrent Sync

BitTorrent Sync

BitTorrent Sync pada dasarnya adalah ruang penyimpan backup data. Namun BitTorrent Sync bukan penyimpan data berbasis cloud sehingga kamu tidak membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya. BitTorrent Sync akan menyimpan data di dalam ruang penyimpanan internal gadget dan menyinkronkannya pada semua gadget yang kamu miliki.

Dengan kata lain, data yang kamu simpan di smartphone akan dikopi otomatis ke laptop atau tablet milik kamu yang sudah disinkronkan. Dengan cara ini, kamu bisa mengakses data kamu melalui gadget manapun, tanpa harus menggunakan internet.

Baca Juga:  Bagaimana Kualitas Kamera Nokia 515? Berikut Ulasannya

BitTorrent Sync bisa digunakan pada Android, iOS, Mac/PC, dan Windows Phone.

Loading...

Komentar Anda