Kenapa Sih BTS Bisa Sangat Populer Saat Ini? Apa Alasannya?

Munculnya BTS (Bangtan Boys) sebagai boyband K-Pop paling sensasional saat ini, yang bahkan sudah diakui dunia internasional, sedikit membingungkan banyak orang. Bagaimana bisa grup yang dibentuk oleh agensi sekecil Big Hit Entertainment bisa sukses? Mana mungkin mereka bisa menyaingi dan bahkan dalam level tertentu mengalahkan grup-grup besar seperti SHINee, BIGBANG, dan EXO?

Bangtan

Tentu saja BTS tidak akan sampai di titik setinggi ini jika mereka tak punya kelebihan.

Soal penampilan fisik, rasanya kita semua bisa menilai apakah BTS menarik secara visual atau tidak. Sebab bagaimanapun juga, soal penampilan adalah soal selera dan hal itu tidak bisa dipaksakan dan disimpulkan secara universal. Kita akan membahas sisi lainnya yang lebih obyektif.

BTS dikenal sebagai grup K-Pop orisinal yang mampu memberi penyegaran pada industri ini. Tidak seperti banyak grup dan idol K-Pop lainnya, BTS tidak takut untuk mengekspos diri mereka sendiri dengan bersikap konyol dan unik. Kebanyakan idol K-Pop akhir-akhir ini sangat generik dan sepertinya saling meniru satu sama lain. Sebagai perbandingan, BTS bisa tampil energik dan boyish sekaligus menjaga kesederhaaan dan kerendahan hati mereka.

Mereka juga dikenal karena kemampuan menulis dan memproduksi sebagian besar musik mereka sendiri. Di sepanjang karir mereka, BTS telah mempertahankan gaya yang konsisten. Ketika mereka mengeksplorasi berbagai jenis atau genre musik, selalu ada sesuatu yang menonjol secara musikalitas di lagu-lagu mereka.

Member BTS, Suga dan Rap Monster, adalah kontributor musik utama di grup, masing-masing sebagai penulis lirik dan produser. Jadi alih-alih menyerahkan proses penciptaan lagu mereka kepada pihak lain, mereka mengerjakan sendiri musik mereka dan bebas menentukan jenis konten apa yang ingin mereka hasilkan.

BTS

Dalam hal lirik dan konten musik, BTS menyanyikan banyak isu penting terkait masalah masyarakat, terutama di masa-masa awal mereka. Nama lengkap grup ini, Bangtan Sonyeondan, sebenarnya memiliki arti Bulletproof Boy Scouts. Rapper dan dancer BTS, J-Hope, pernah berkata, “Makna ‘bangtan’ adalah untuk melindungi sesuatu. Jadi [nama kami] memiliki arti bahwa kami berani membela musik dan nilai-nilai kami sendiri.”

Melalui lagu, mereka mendiskusikan masalah-masalah sosial tentang harapan masyarakat, ketidakadilan, generasi muda, dan banyak lainnya. Ini merupakan keistimwaan yang dimiliki BTS karena banyak boyband lainnya cenderung mengandalkan topik-topik biasa seperti pesta, percintaan, dan urusan perasaan. Baru-baru ini, Rap Monster berkolaborasi dengan rapper Amerika, Wale, dalam sebuah lagu berjudul “Change,” di mana mereka membahas tentang polisi rasis dan masyarakat.

BTS juga terkenal dengan koreografi dan konsep artistik MV mereka. Dance mereka ada di tingkat lain melebihi grup manapun. Siapapun yang melihat gerakan dance BTS, entah itu fans atau bukan, akan segera paham betapa terampil dan sinkronnya dance mereka. Koreo yang mereka miliki di MV begitu menarik dengan menampilkan gerakan/langkah unik yang sukar ditiru.

Kelebihan lainnya adalah fakta bahwa MV mereka sangat artistik dan adiktif. ARMY (penggemar BTS) selalu menciptakan teori tentang berbagai adegan di MV BTS karena memang sinematografinya begitu rumit dan terperinci. Semuanya terhubung satu sama lain dalam serangkaian peristiwa yang menyorot pertumbuhan mereka dari bocah remaja menjadi pemuda dewasa. Mereka menggunakan banyak referensi sastra dan seni dalam MV mereka, yang sangat menarik bagi penggemar yang memiliki passion pada seni. Ini juga merupakan strategi pemasaran yang hebat untuk membuat penggemar tetap terkagum-kagum.

Kesimpulannya, BTS adalah sekelompok anak laki-laki yang sangat berbakat dan mempesona, yang semuanya ahli dalam bidangnya masing-masing. Kepribadian mereka yang low profile dan santun membuat mereka dengan mudah dicintai banyak orang. BTS tidak begitu saja memetik kesuksesan ini dari langit, melainkan melalui kerja keras. Seni BTS begitu unik dan membedakan mereka dengan semua kompetitor di dunia K-Pop.

Komentar Anda