Beberapa Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Apel Merah

Apel, khususnya apel merah mentah, adalah salah satu buah yang paling banyak dihidangkan di atas meja mekan. Buah ini cantik dan rasanya sangat lezat, bisa dimakan mentah atau diolah dengan berbagai cara. Dalam tingkatan tertentu, apel dianggap sebagai buah super yang kaya akan manfaat. Lebih dari 30% warga dunia adalah konsumen apel harian.

Tapi, adakah alasan lain mengapa apel merah menjadi buah yang sangat banyak dibudidayakan?

Apel Merah

Sebagian besar warga Amerika lebih suka mengonsumsi apel mentah daripada jenis buah lainnya. Berkaitan dengan penelitian ilmiah, satu orang Amerika setidaknya makan 50 pon apel setahun, dan lebih dari 50% di antaranya adalah apel merah. Mungkin karena rasa manisnya yang relatif tinggi.

Apel merah juga biasa digunakan dalam resep makanan. Buah ini sangat terkenal karena banyaknya manfaat kesehatan yang berasal dari kandungan serat, mineral, dan vitaminnya yang tinggi. Jika Anda makan apel merah 3 sampai 4 butir sehari, maka buat itu akan berkontribusi dalam penurunan berat badan Anda. Setiap apel harus dimakan tanpa dikupas 15 menit sebelum makan agar lebih efektif khasiatnya.

Apel merah memiliki manfaat kardiovaskular yang signifikan

Mengonsumsi dua sampai tiga butir apel merah mentah sehari dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Selain itu, buah ini memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa polifinos dan serat dalam apel memiliki kemampuan untuk melelehkan kolesterol dengan sangat cepat.

Berbagai studi yang berbeda yang dilakukan dalam dekade terakhir menyimpulkan bahwa konsumsi apel setiap hari dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, apel merah secara signifikan dapat mengurangi penanda lain yang terkait dengan plak dan pembengkakan di dinding arteri.

Studi yang dilakukan di Florida State University di Tallahassee pada tahun 2011 membuktikan bahwa apel secara efektif mampu menurunkan kolesterol jahat. Studi tersebut menunjukkan penurunan tekanan darah tinggi dan penurunan kolesterol LDL (dikenal sebagai kolesterol jahat) dalam eksperimen yang berbeda.

Pencegahan alami penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer mungkin disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor yang paling umum berasal dari makanan sehari-hari kita dan pendekatan buruk kita terhadap makanan. Di samping itu, rokok, knalpot mobil, dan lain-lain juga melepaskan banyak racun yang berdampak negatif pada fungsionalitas otak.

Sekelompok ilmuwan telah menemukan fakta bahwa jus apel merah sebenarnya adalah obat alami untuk melawan penyakit Alzheimer. Penelitian dilakukan pada beberapa tikus yang diberi diet berbasis apel. Tikus-tikus itu menunjukkan peningkatan kecerdasan dan ingatan sesudahnya.

Saran utamanya adalah Anda harus mengonsumsi apel mentah bersama kulitnya. Kulit apel mengandung unsur-unsur tertentu yang berguna untuk melawan toksin berbahaya dan bermanfaat bagi fungsi otak.

Pengganti kafein yang sempurna di pagi hari

Alih-alih minum kopi setiap pagi, makanlah apel merah. Efeknya pada otak sama seperti ketika Anda minum kopi. Ini sangat direkomendaskan karena apel sama sekali tidak mengandung kafein satu milligram pun. Tapi, bagaimana bisa apel memberi Anda dorongan tenaga di pagi hari seperti yang dilakukan kopi?

Hal ini ternyata disebabkan oleh kandungan gula alami (glukosa). Setiap apel rata-rata mengandung 13 gram gula, sedangkan apel merah bisa mengandung hingga 16 gram gula alami. Glukosa alami adalah “unsur dasar gula” yang diproses oleh tubuh Anda. Jadi, jika Anda makan apel mentah terutama sebelum makan pagi, Anda tidak hanya akan tetap terjaga lebih lama, tapi Anda juga bisa membersihkan jalur pencernaan Anda.

Komentar Anda