Acara Produce 101 Merusak Para Remaja Korea Selatan?

Produce 101

Ajang pencarian bakat yang sedang booming di Asia, Produce 101, rupanya juga memberi dampak buruk bagi penonton remajanya. Sebagaimana dilaporkan Koreaboo dari Chosun, para siswa Korea Selatan mulai mengelompokkan penampilan fisik teman-teman mereka menjadi beberapa tier alias tingkatan, seperti yang ditampilkan dalam acara Produce 101.

Sebuah sekolah menengah di Seoul mencatat 30 siswa di kelas tujuh membuat peringkat satu sama lain berdasarkan penampilan fisik, kelas, latar belakang keluarga, dan bakat.

“Wajahmu ada di tingkat C, latar belakang keluargamu ada di tingkat B,” begitu kata salah seorang siswa.

Produce 101 1

Produce 101 2

Sistem peringkat ini digunakan di acara Produce 101, di mana peserta pelatihan dikelompokkan ke dalam beberapa tingkatan sesuai dengan penampilan, karakter, keahlian, dan kekuatan agensi mereka.

Para guru di sekolah merasa ngeri melihat dampak acara populer tersebut pada siswa-siswi mereka, dan mereka menyadari bahwa memarahi para murid itu tidak akan bisa menghentikan mereka.

Salah seorang guru bercerita, “Kami mencoba dan membimbing siswa kami kapan pun kami bisa agar mereka tidak saling menyakiti atau saling merangking, tapi mereka mengabaikan kami saat kami tidak ada. Siswa yang digolongkan ke dalam tingkat F oleh teman-teman mereka mengalami tekanan yang sangat berat.”

Sistem peringkat Produce 101 tidak hanya mempengaruhi remaja, tapi bahkan juga mempengaruhi siswa sekolah dasar. Seorang siswa kelas 4 mengungkapkan bahwa ia dan teman-temannya saling merangking setelah beberapa kali menonton program audisi ini.

Untuk mengatasi masalah ini, para orang tua melarang anak-anak mereka menonton acara ini. Well, apakah cara ini akan berhasil? Bagaimana menurut kalian?

Komentar Anda