Waspada! Inilah Bahaya-bahaya Minum Sambil Berdiri

Minum sambil berdiri

Minum sambil berdiri barangkali sudah sangat sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat remeh, namun sebenarnya menyimpan bahaya besar dan fatal. Minum seharusnya dilakukan dalam posisi duduk, bukan berdiri. Dan jika Anda tak menyadari bahaya minum sambil berdiri, maka jangan heran bila Anda bisa saja terkena masalah serius berikut ini.

1. Saraf tegang

Tegangnya urat saraf bisa terjadi ketika Anda minum sambil berdiri. Pasalnya, sistem urat saraf simpatis akan aktif ketika Anda berdiri untuk menahan otot-otot di dalam tubuh dan menjaga keseimbangan. Sebaliknya, jika Anda minum sambil duduk, maka sistem saraf parasimpatik akan aktif dan memberi efek menenangkan pikiran serta mempermudah proses pencernaan.

Loading...

2. Merusak ginjal

Bahaya selanjutnya dari minum sambil berdiri adalah rusaknya ginjal. Masalah ini diakibatkan proses penyaringan cairan berlangsung tidak sempurna sehingga fungsi normal ginjal pun jadi terganggu. Yang lebih parah, hal ini bisa memicu gangguan saluran kandung kemih yang berbahaya.

3. Menaikkan asam lambung

(Gastroesophageal Reflux Disease) GERD atau naiknya asam lambung bisa saja terjadi bila Anda minum selagi berdiri. Hal ini terjadi karena tekanan air yang Anda minum saat berdiri memberi kejutan pada bagian saluran yang menuju ke lambung (sphincter). Efeknya, sensasi panas pada perut akan terasa akibat naiknya asam lambung ke arah yang salah.

4. Memicu arthritis

Peradangan pada sendi bisa terjadi diawali dengan terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang seharusnya disalurkan pada bagian-bagian sendi dalam tubuh. Selain menimbulkan peradangan, arthritis juga bisa menyebabkan kaku yang membengkakkan sendi. Jangan sampai masalah arthritis mengganggu aktifitas Anda hanya gara-gara kebiasaan minum yang salah.

Loading...

Komentar Anda