Pindah Label, Beast Harus Ganti Nama

beast

Boyband Korea, Beast, tidak diperbolehkan memakai nama grup mereka lagi setelah Yoon Doo-joon dkk meninggalkan agensi mereka, Cube Entertainment. Beast mengumumkan niat untuk berkiprah secara independen setelah kontrak mereka berakhir dengan Cube pada 15 Oktober 2016. Namun, rencana resmi mereka belum dibuat karena ada sejumlah masalah terkait pendirian label mereka sendiri serta masalah hukum dengan Cube.

Masalah terbesar yang saat ini mereka hadapi, seperti dilansir Ilgan Sports, adalah merek dagang dari nama grup mereka yang dipegang oleh label musik tersebut sampai tahun 2026. Jika Yoon Doo-joon dkk secara resmi ingin independen, mereka tak akan dapat tampil di bawah nama mereka atau menggunakan salah satu dari lagu-lagu mereka sebelumnya tanpa membayar royalti hak cipta selama sepuluh tahun. Selain itu, Cube akan mempertahankan hak untuk memperpanjang kepemilikan dari merek dagang mereka bahkan setelah tahun 2026.

“Kami membuat proposal untuk Beast dan sedang menunggu jawaban mereka,” kata agensi itu. “Akan menjadi masalah jika mereka menggunakan nama dan lagu tanpa berkonsultasi dengan kami.”

Hal serupa sebelumnya dialami oleh grup idol generasi pertama, Shinhwa, ketika mereka meninggalkan label mereka, SM Entertainment. SM berjuang untuk mendapatkan hak atas nama mereka selama lebih dari sepuluh tahun.

Komentar Anda