7 Fakta Unik Tentang Robin van Persie

Robin van Persie adalah striker tajam Belanda yang lama mengukir karir di klub-klub Eropa, mulai dari Feyenoord, Arsenal, hingga Manchester United. Di tim barunya, Fenerbahçe, Persie juga tetap menjadi andalan. Pemain kelahiran 6 Agustus1983 ini merupakan pencetak gol terbanyak Belanda sepanjang masa dengan torehan 50 gol sampai akhir 2015. Di Arsenal, Persie adalah pilihan utama Arsene Wenger dengan catatan gol mendekati angka 100.

van Persie

Berikut 7 fakta menarik seputar Robin van Persie.

1. Van Persie sudah mulai bermain bola sejak usia lima tahun. Ia bergabung dengan skuad junior tim lokal SBV Excelsior.

2. Posisi awal van Persie sebenarnya adalah winger kiri. Pelatih The Gunners, Arsene Wenger, mengubah posisinya menjadi penyerang tengah sebagaimana pernah ia lakukan pada Thierry Henry.

3. Van Persie berasal dari keluarga seniman. Ibunya, José Ras, adalah seorang pelukis dan desainer perhiasan. Sedangkan ayahnya, Bob, adalah seorang pematung.

4. Van Persie sering mengalami cedera di musim 2006-2007. Ia bahkan harus mengakhiri musim lebih awal setelah mengalami cedera metatarsal kelimanya. Meski demikian, Persie tetap menjadi top skor Arsenal dengan 13 gol di seluruh kompetisi.

5. Gol voli udara yang dilesakkan Persie di awal musim 2006-2007 disebut oleh Wenger sebagai gol terbaik sepanjang masa. BBC menjadikannya sebagai gol terbaik bulan September.

6. Di MU, Persie diberikan nomor punggung 20 setelah diyakinkan oleh asisten pelatih Rene Meulensteen bahwa ia akan memberikan gelar Liga Premier ke-20 untuk MU. Ia pun memberikan gelar itu di musim pertamanya.

7. Van Persie dikenal sebagai penyerang yang memiliki skill dribbling dan penguasaan bola yang prima. Ia juga merupakan spesialis set-piece, terutama tendangan bebas.

Komentar Anda