Sejarah Singkat Kota Berlin

Berlin adalah ibu kota Jerman, sebuah negara di Eropa Tengah. Berlin adalah kota terbesar di Jerman, sekaligus juga merupakan pusat pendidikan dan kebudayaan Jerman. Dua universitas terkemuka Jerman berada di kota ini. Kota ini juga memiliki museum-museum besar dan lebih dari 100 perusahaan teater.

Gambar Tembok Berlin

Perdagangan dan pengembangan teknologi penting bagi perekonomian Berlin. Kota ini juga merupakan pusat industri. Pabrik di Berlin memproduksi elektronik, mesin, bahan kimia, kain, dan banyak produk lainnya.

Berlin didirikan pada awal 1200-an. Di tahun 1400-an, pangeran Jerman menjadikan Berlin sebagai ibukota. Berlin adalah ibukota kerajaan Jerman Prusia di sebagian besar periode 1700-an dan 1800-an. Kota ini kemudian menjadi ibukota Jerman.

Selama Perang Dunia II (1939-1945), Berlin hampir hancur. Kota ini menjadi tempat pemboman berat dan pertempuran berdarah. Lebih dari 150.000 warga Berlin tewas.

Jerman kalah perang dari negara-negara yang dikenal sebagai Sekutu. Empat negara Sekutu utama kemudian mengambil alih Jerman. Segera setelah itu Sekutu membagi Jerman menjadi dua negara: Jerman Timur dan Jerman Barat. Uni Soviet memiliki kontrol atas Jerman Timur, dan mereka mendirikan pemerintahan yang keras di sana. Kekuatan Sekutu lainnya menjadikan Jerman Barat sebagai negara demokrasi.

Berlin ada di Jerman Timur, tapi wilayahnya juga dibagi. Berlin Timur menjadi ibukota Jerman Timur. Berlin Barat adalah bagian dari Jerman Barat meskipun itu terpisah dari wilayah lain di negara itu (ibukota Jerman Barat adalah Bonn).

Lebih dari dua juta orang melarikan diri dari Berlin Timur ke Berlin Barat antara tahun 1949 dan 1961. Untuk mencegah lebih banyak orang melarikan diri, Jerman Timur membangun Tembok Berlin di sekitar Berlin Barat yang dijaga ketat. Tembok ini memisahkan Berlin Barat dari Jerman Timur selama hampir 30 tahun.

Pemerintah komunis Jerman Timur runtuh pada tahun 1989. Orang-orang mulai meruntuhkan Tembok Berlin. Pada tahun 1990, dua bagian dari Jerman dan Berlin bersatu kembali. Berlin kembali menjadi ibukota seluruh Jerman.

Komentar Anda