Profil Lengkap Samoa Amerika

Samoa Amerika adalah sebuah wilayah milik Amerika Serikat. Wilayah ini terdiri atas sekelompok pulau di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat Samoa Amerika adalah negara Samoa, kelompok lain dari kepulauan. Ibukota Samoa Amerika adalah Pago Pago yang terletak di pulau Tutuila. Penduduk Samoa Amerika adalah sekitar 55.165 jiwa (2013).

Samoa Amerika

Pulau-pulau Samoa terletak sekitar 1.600 mil (2.600 kilometer) di timur laut Selandia Baru dan 2.200 mil (3.500 kilometer) di barat daya dari negara bagian AS Hawaii. Pulau-pulau tersebut adalah bagian dari wilayah yang dikenal sebagai Oseania. Ada tujuh pulau di Samoa Amerika, antara lain Tutuila, Tau, Olosega, Ofu, Aunuu, Pulau Swains, dan Pulau Rose. Pulau Rose adalah pulau yang tak dihuni.

Dua dari pulau-pulau tersebut, Pulau Swains dan Pulau Rose, adalah pulau karang. Keduanya terbentuk ketika gunung berapi tenggelam ke laut selama ribuan tahun. Gugusan karang berkembang di sekitar gunung berapi ketika mereka tenggelam, dan akhirnya hanya karang dan daerah kecil tanah yang tersisa. Pulau-pulau lain dari kelompok itu dibentuk oleh aktivitas gunung berapi. Pulau-pulau tersebut sangat berpegunungan. Wilayah ini adalah bagian dunia yang dikenal sebagai cincin api. Ada banyak gunung berapi dan gempa bumi di daerah ini.

Pada tanggal 29 September 2009, pulau-pulau Samoa diguncang oleh gempa bawah laut yang kuat. Sebagai hasil dari gempa tersebut, gelombang besar yang disebut tsunami melanda pulau-pulau dan menyebabkan kerusakan yang luas. Pago Pago banjir dan desa-desa di seluruh pulau porak poranda.

Kepulauan Samoa Amerika beriklim tropis. Hutan hujan dengan paku-pakuan dan pepohonan tinggi menutupi pegunungan. Satwa liar di wilayah ini antara lain rubah terbang (sejenis kelelawar), kadal, tikus, ular, dan babi. Pulau-pulau ini juga memiliki banyak serangga terbang dan merangkak.

Pulau Rose merupakan bagian dari Rose Atoll National Wildlife Refuge. Ini didirikan untuk melindungi burung laut, kura-kura, dan hewan lainnya yang bersarang di pulau, serta melindungi terumbu karang di perairan sekitar pulau.

Kepulauan ini merupakan bagian dari wilayah Oseania yang dikenal sebagai Polinesia. Sebagian besar orang yang tinggal di sana adalah orang Polinesia asli meskipun ada beberapa orang dari Eropa, Asia, dan Tonga. Sebagian besar orang mengikuti beberapa bentuk kekristenan. Bahasa Samoa dan bahasa Inggris adalah bahasa resmi.

Orang Samoa hidup dalam kelompok keluarga besar yang dipimpin oleh seorang kepala. Banyak keluarga tinggal di desa-desa di sepanjang pantai. Di sana mereka berbagi wilayah. Pago Pago adalah pelabuhan dan pusat pemerintahan utama.

Perekonomian Samoa Amerika sebagian besar bergantung pada manufaktur dan jasa. Pabrik memproses tuna yang berasal dari Amerika Serikat dan negara-negara lain. Pabrik-pabrik memproduksi tuna kalengan dan sejumlah makanan hewan peliharaan. Pemerintahan dan jasa yang terkait dengan pariwisata mempekerjakan sejumlah besar penduduk Samoa. Pertanian sulit karena tanahnya sangat berbukit. Orang sering menanam tanaman pangan seperti talas, kelapa, pisang, dan ubi jalar untuk mereka gunakan sendiri.

Pulau-pulau Samoa dihuni oleh orang Polinesia (mungkin dari Tonga) sekitar 3.000 tahun yang lalu. Banyak sarjana percaya bahwa orang-orang dari Samoa kemudian menyebar untuk menghuni sebagian besar wilayah Polinesia timur. Di tahun 1700-an, para penjelajah dan pedagang Eropa mulai melakukan perjalanan ke wilayah tersebut. Kemudian, kelompok misionaris mulai menyebarkan agama Kristen di seluruh pulau.

Pada tahun 1878, Amerika Serikat mendirikan stasiun angkatan laut di Pago Pago Harbor. Pada akhir abad itu, Jerman dan Amerika Serikat sepakat untuk membagi kepulauan di antara mereka. Jerman menguasai pulau-pulau barat, dan Amerika Serikat mengambil pulau-pulau timur. Para kepala daerah secara resmi menyerahkan kontrol dari wilayah tersebut di awal 1900-an.

Pada awalnya, Amerika Serikat menunjuk seorang gubernur untuk memerintah pulau. Namun Samoa menginginkan kedaulatan lebih besar dalam urusan mereka sendiri. Pada tahun 1977, seorang Samoa menjadi gubernur terpilih pertama. Sejak saat itu, semua anggota legislatif wilayah ini dipilih oleh rakyat. Samoa Amerika tidak bisa memilih presiden Amerika Serikat, tetapi mereka bisa mengirim satu delegasi ke DPR AS. Delegasi ini tidak memiliki suara di DPR AS.

Komentar Anda