Iguana, Makhluk Unik yang Kian Terdesak di Alam Liar

Hewan eksotis yang satu ini tentu sudah sangat akrab bagi kita. Iguana adalah reptil yang berasal dari keluarga besar kadal. Iguana sering terlihat berjemur di cabang pohon yang menggantung di atas perairan. Jika terganggu, mereka akan terjun ke dalam air.

Gambar Iguana

Sebagian besar spesies iguana hidup di benua Amerika. Yang paling terkenal adalah jenis iguana umum atau iguana hijau. Iguana ini ditemukan dari wilayah Meksiko selatan hingga Brasil. Dua jenis iguana lainnya hidup di Kepulauan Galapagos. Kebanyakan iguana menyukai habitat kering, tetapi beberapa dari mereka juga hidup di hutan hujan.

Kebanyakan iguana berwarna hijau. Rata-rata mereka memiliki gigi berbentuk menyerupai gergaji yang tak biasa. Mereka juga memiliki punggung bersisik dan lipatan kulit di bawah leher. Iguana umum jantan tumbuh hingga mencapai panjang 6,5 ​​kaki (2 meter) dan berat hingga 13 pon (6 kilogram). Berat iguana betina sekitar setengah dari berat iguana jantan. Iguana memakan daun, buah, serangga, mamalia kecil, dan burung. Iguana laut dari Kepulauan Galapagos memakan rumput laut.

Iguana saat ini sudah jarang ditemukan di alam liar seperti dulu. Manusia telah lama merusak habitat alami iguana. Mereka juga memburu iguana dan menangkapnya untuk dijual sebagai hewan peliharaan. Bahkan di beberapa daerah pedesaan, orang-orang memakan iguana. Kucing, burung besar, dan hewan lainnya juga memangsa iguana kecil dan telur iguana.

Komentar Anda