Brachiosaurus, Dinosaurus Tinggi yang Menakjubkan

Brachiosaurus adalah salah satu dinosaurus tertinggi dari semua jenis dinosaurus. Nama Brachiosaurus berarti “kadal lengan” dalam bahasa Latin. Para ilmuwan menyebutnya demikian karena makhluk ini memiliki kaki depan yang panjang. Brachiosaurus tergabung ke dalam kelompok dinosaurus yang dikenal sebagai sauropoda. Sauropoda adalah dinosaurus pemakan tumbuhan dengan leher panjang, badan besar, dan empat kaki menyerupai pilar.

Gambar Brachiosaurus

Brachiosaurus hidup sekitar 150 sampai 130 juta tahun yang lalu. Sisa-sisa fosil Brachiosaurus telah ditemukan di wilayah Eropa, Afrika, dan Amerika Utara. Brachiosaurus tinggal di daerah dengan banyak tanaman, terutama pohon tinggi.

Brachiosaurus bisa mencapai panjang lebih dari 75 kaki (23 meter) dengan berat mencapai sampai 80 ton. Jika berdiri tingginya mencapai 40 kaki (12 meter) dari kepala ke tanah. Ciri khas yang paling mencolok dari Brachiosaurus adalah punggung landai dan leher panjangnya. Kaki depannya lebih panjang dari kaki belakangnya. Hewan ini juga memiliki ekor yang relatif pendek. Kepalanya yang berbentuk kubah berukuran kecil dan moncongnya agak datar. Brachiosaurus memiliki banyak gigi yang menyerupai pensil.

Brachiosaurus tinggal dan bepergian dalam kawanan. Para ilmuwan percaya bahwa Brachiosaurus bisa bepergian dengan kecepatan sekitar 12 sampai 19 mil per jam (19-31 kilometer per jam). Ukuran dan beratnya, serta cakar tajam di kakinya, melindunginya dari dinosaurus pemakan daging. Tingginya yang luar biasa juga memungkinkan Brachiosaurus untuk mengawasi musuh yang akan datang bermil-mil jauhnya.

Komentar Anda