Beberapa Fakta Dasar Tentang Ular Sendok

Kobra (atau ular sendok) adalah jenis ular berbisa yang akan memipihkan leher mereka menyerupai bentuk sendok ketika mereka merasakan bahaya. Di dunia ada beberapa spesies kobra, tapi tak semua dari mereka terkait erat. Kobra tinggal di bagian selatan Asia dan Afrika. Beberapa jenis kobra tinggal di padang rumput, hutan, atau gurun. Lainnya tinggal di pohon atau di sepanjang tepi danau.

Gambar Ular Kobra

Kobra biasanya berwarna tunggal atau belang. Ukuran kobra bervariasi, dari menengah sampai besar. King Cobra Asia adalah ular berbisa terpanjang di dunia. Ular yang menakjubkan ini dapat mencapai panjang sekitar 18 kaki atau 5,5 meter.

Ketika ular kobra merasa terancam, ia akan mengangkat kepalanya dan melebarkan tulang rusuk di lehernya. Cara ini akan membentangkan kulitnya hingga membentuk sendok. Beberapa jenis kobra memiliki marking atau tanda khusus pada kepala sendoknya.

Kobra biasanya berburu di malam hari. Mangsanya meliputi mamalia, burung, ular, kadal, katak, dan bahkan ikan. Ketika ular kobra menggigit, taring depan pendek mereka akan melepaskan bisa atau racun ke tubuh mangsa. Beberapa jenis kobra juga bisa meludahkan racun pada mata musuh.

Beberapa jenis kobra berkembangbiak secara bertelur. Jenis kobra lainnya berkembangbiak dengan cara melahirkan. King Cobra akan membangun sarang untuk telur-telurnya. Ular ini juga akan menjaga telur-telurnya sampai menetas.

Komentar Anda