Pengetahuan Dasar Tentang Katak

Hewan satu ini pasti sudah sangat akrab dengan kita. Katak adalah hewan kecil yang bisa melompat dengan sangat baik. Kita sering bingung membedakan katak dengan kodok karena keduanya sangat mirip. Namun, katak memiliki kulit licin dan kaki panjang, sedangkan kodok memiliki kulit kasar dan kaki lebih pendek.

Katak

Katak bisa ditemukan di seluruh dunia kecuali di tempat-tempat yang sangat dingin. Mereka paling umum ditemukan di hutan hujan. Katak adalah hewan amfibi, yang berarti mereka dapat hidup di air atau di darat. Kebanyakan katak menghabiskan sebagian besar hidupnya di air. Beberapa jenis katak tinggal di lubang bawah tanah atau di pohon-pohon.

Katak memiliki kulit mulus dan lembab serta mata besar yang tampak melotot. Kaki belakangnya dua kali lebih panjang dari kaki depannya. Kebanyakan katak memiliki kaki belakang berselaput untuk membantu mereka melompat dan berenang. Katak pohon memiliki semacam lapisan lengket di ujung jari tangan dan kaki mereka. Lapisan ini membantu mereka memanjat permukaan yang licin.

Kebanyakan katak berukuran kecil. Panjangnya bisa kurang dari satu inci (2,5 cm). Katak terbesar panjangnya sekitar satu kaki (30 cm). Kebanyakan katak berwarna hijau, coklat, abu-abu, atau kuning. Beberapa katak berwarna cerah.

Katak akan menangkap mangsanya dengan cara menjentikkan keluar lidahnya yang panjang dan lengket. Kebanyakan katak memakan serangga dan cacing. Beberapa dari mereka juga memakan katak lainnya, tikus, dan reptil.

Katak memiliki kelenjar di kulit mereka untuk membuat racun. Tapi racun ini tidak melindungi mereka dari ular, burung, dan musuh lainnya. Sebaliknya, katak paling sering melindungi diri dengan cara membaur dengan lingkungan mereka.

Katak biasanya bertelur di air, dan jumlahnya bisa mencapai ratusan atau ribuan telur. Dalam beberapa minggu, telur-telur akan menetas menjadi berudu. Berudu adalah makhluk seperti ikan yang bernapas melalui insang, bukan paru-paru. Ketika menjadi katak dewasa, berudu melepaskan ekornya serta mengembangkan paru-paru dan anggota badan lainnya.

Komentar Anda