Mengenal Elemen Alam Bernama Kalsium

Kalsium adalah unsur kimia paling berlimpah kelima di dalam kerak bumi. Kalsium juga membentuk dua persen dari unsur tubuh manusia. Dalam tubuh, kalsium membantu membentuk tulang dan gigi dan membuatnya selalu sehat. Kalsium juga hadir dalam darah dan sel-sel saraf. Para ilmuwan menggunakan simbol khusus untuk mewakili unsur-unsur kimia, dan simbol untuk kalsium adalah Ca.

Kalsium

Kalsium tidak pernah ditemukan sendirian di alam. Unsur ini bergabung dengan unsur-unsur lainnya untuk membentuk senyawa yang ditemukan di seluruh dunia. Satu senyawa umum adalah kalsium karbonat, kombinasi kalsium, karbon, dan oksigen. Kalsium karbonat adalah bahan utama dalam kapur, marmer, karang, dan kulit telur. Kapur adalah senyawa yang umum lainnya.

Meskipun kalsium tidak dapat ditemukan sendiri secara alami, para ilmuwan telah belajar bagaimana cara memisahkannya dari unsur-unsur lain untuk mendapatkan unsur murni. Di dalam kalsium sendiri ada logam perak yang keras tapi juga ringan. Para ilmuwan menggunakannya untuk membentuk logam campuran yang terdiri atas timah, aluminium, tembaga, dan elemen lainnya. Campuran tersebut digunakan untuk membuat baterai dan campuran logam lainnya.

Kalsium murni juga digunakan dalam penggalian logam tertentu dari bijihnya. Ini membantu menghilangkan oksigen, sulfur, dan karbon dari bahan baku. Senyawa kalsium digunakan di banyak industri. Kalsium karbonat digunakan untuk membuat keramik dan kaca serta dalam industri obat-obatan dan baking powder. Kapur digunakan secara luas sebagai bahan bangunan dan sebagai pupuk.

Komentar Anda