Mengenal Bangkok, ‘Kota Malaikat’ di Thailand

Bangkok adalah ibukota Thailand, sebuah negara di Asia Tenggara. Bangkok sejauh ini merupakan kota terbesar di Thailand. Bangkok adalah pusat pemerintahan, pendidikan, kebudayaan, dan bisnis. Kota ini juga merupakan pelabuhan utama Thailand. Bangkok terletak di kedua tepi Sungai Chao Phraya. Dalam bahasa Thai, Bangkok dikenal sebagai Krung Thep, yang berarti “kota malaikat.”

Kota Bangkok

Lebih dari 300 kelompok bangunan candi Buddha, yang disebut wat, ditemukan di seluruh Bangkok. Candi-candi tersebut adalah pusat kehidupan agama dan budaya kota. Grand Palace dari abad ke-18, kediaman mantan raja-raja Thailand, berdiri di tepi timur Sungai Chao Phraya. Di dalam pagar berdindingnya terdapat kapel kerajaan, Phra Kaeo Wat. Ini menjadi tempat berdirinya patung Emerald Buddha, penggambaran Buddha paling suci di Thailand.

Sistem transportasi Bangkok awalnya didasarkan pada perairan. Orang Eropa pernah menyebut Bangkok sebagai Venesia dari Timur karena adanya labirin kanal yang disebut khlong. Ketika kota itu dimodernisasi pada abad ke-20, sebagian besar kanal diubah menjadi jalan raya. Kanal-kanal yang tersisa masih digunakan oleh kapal-kapal kecil untuk membawa buah dan sayuran ke pasar terapung kota yang terkenal.

Pabrik-pabrik di Bangkok memproses makanan dan memproduksi kain, bahan bangunan, dan elektronik. Beras, tapioka, karet, tebu, dan produk lainnya dikirim dari pelabuhan kota. Sistem transportasi darat, laut, dan udara Thailand semuanya berpusat di Bangkok. Pariwisata juga penting untuk perekonomian.

Pada tahun 1782, Raja Rama I menjadikan Bangkok sebagai ibukota kerajaan Siam (sekarang Thailand). Raja Mongkut (Rama IV), yang memerintah tahun 1851 sampai 1868, membuka Bangkok pada pengaruh Barat. Raja Chulalongkorn (Rama V), putra dan penerus Mongkut, mulai memodernisasi Bangkok. Ia memperkenalkan kereta api, listrik, dan perbaikan lainnya ke kota.

Bangkok mulai tumbuh pesat pada paruh kedua abad ke-20. Akibatnya, Bangkok menghadapi kekurangan perumahan, polusi berat, dan lalu lintas padat. Pada tahun 1970-an, kota ini dikombinasikan dengan daerah sekitarnya untuk membentuk sebuah provinsi yang disebut Kawasan Metropolitan Bangkok.

Komentar Anda