Athena, Kota Antik di Tanah Kuno

Athena adalah ibu kota Yunani, sebuah negara di wilayah Eropa Selatan. Kota ini terletak di daratan utama Yunani. Pegunungan mengelilingi Athena pada tiga sisi. Athena adalah kota paling penting dari semua negara-kota Yunani kuno. Banyak bagian dari bangunan kuno masih berdiri kokoh di Athena. Di atas bukit yang tinggi ada benteng kuno yang dikenal sebagai Acropolis. Dulu situs ini adalah kuil untuk Athena, dewi kebijaksanaan Yunani kuno. Kota Athena dinamai sesuai nama dewi Athena.

Kota Athena

Athena merupakan pusat utama bisnis, perdagangan, dan transportasi di Yunani. Kota ini memiliki pelabuhan sibuk yang terletak di teluk Laut Aegea. Sebagian besar barang manufaktur Yunani dibuat di Athena. Beberapa pabrik utama mengolah makanan dan minuman. Pabrik-pabrik lain memproduksi kain, sabun, bahan kimia, tembikar, kapal, dan mobil. Pariwisata dan penerbitan juga merupakan industri utama.

Athena adalah kota kuno. Orang telah tinggal di daerah Athena selama setidaknya 5.000 tahun. Bangunan paling awal yang masih bertahan berasal dari sekitar tahun 1200 SM.

Yunani Kuno terdiri atas banyak negara-kota mandiri. Athena mencapai puncaknya sebagai salah satu negara-kota yang paling kuat di tahun 400-an SM. Pemimpin Athena selama periode itu adalah Pericles. Dia membantu mengembangkan bentuk pemerintahan yang dikenal sebagai demokrasi. Athena juga berkembang di tahun 400-an SM sebagai pusat kebudayaan dan pendidikan. Kota ini adalah tempat berkumpulnya banyak dramawan, sejarawan, dan ilmuwan besar.

Setelah Athena kalah perang di tahun 404 SM, kekuatannya mulai menurun. Kemudian orang Makedonia dan Romawi menguasai kota ini.

Kekaisaran Ottoman Turki menguasai Athena pada tahun 1456. Turki memerintah kota ini sampai tahun 1833. Pada tahun itu, Yunani menjadi negara merdeka dan Athena dijadikan ibukotanya. Di paruh kedua abad ke-20, kota ini mulai tumbuh pesat. Pada tahun 2004, Athena ditunjuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas.

Komentar Anda